Selasa, Maret 5, 2024
BerandaKalbarSanggauSambut Ramadan 1444 H, Warga Sanggau Tumpah Ruah Meriahkan Pawai Obor

Sambut Ramadan 1444 H, Warga Sanggau Tumpah Ruah Meriahkan Pawai Obor

SANGGAU, insidepontianak.com – Ribuan warga Sanggau tumpah ruah memeriahkan pawai obor menyambut bulan suci ramadan 1444 H, Selasa (21/3/2023) malam yang dipusatkan di halaman Istana Surya Negara Sanggau.

Pawai Obor itu dibuka secara langsung oleh Bupati Sanggau diwakili Asisten III Sekretariat daerah Kabupaten Sanggau, H. Burhanuddin, Dandim 1204/Sanggau Letkol. Inf Yuda Bayu Pratama, Kasat Binmas Polres Sanggau, AKP. Sukiswandi dan Sejumlah perwakilan Forkompimda.

Pangeran Ratu Surya Negara, H. Gusti Arman menyampaikan, kegiatan pawai obor yang sudah dilaksanakam dua tahun terakhir ini merupakan momentum untuk mengingatkan umat muslim agar khusuk melaksanakan ibadah puasa.

“Kegiatan ini juga bertujuan meningkatkan rasa keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT sekaligus kecintaan kita kepada Sanggau yang segera memasuki usia yang ke-407,” kata Gusti Arman.

Raja Sanggau memastikan bahwa kegiatan pawai obor akan menjadi agenda rutin seluruh umat islam di Sanggau dalam rangka menyambut bulan penuh rahmat yakni bulan ramadan.

“Kami berterimakasih juga kepada Pemerintah daerah Kabupaten Sanggau yang mendukung penuh kegiatan ini sehingga bisa terlaksana dengan baik dan semoga tahun depan mendapatkan suport anggaran,” pungkasnya.

Sementara itu, Asisten III Sekretariat daerah Kabupaten Sanggau, H. Burhanuddin menyampaikan bahwa Pemerintah daerah menyambut baik dilaksanakannya pawai obor. Pawai obor ini menurut Burhan merupakan implementasi dari seven brand image Sanggau yakni berbudaya dan beriman atau Budiman.

“Saya berharap tahun depan pelaksanaannya harus lebih sempurna lagi, karena tahun ini adalah tahun kedua pelaksanaannya, tapi secara keseluruhan pelaksanaannyq sudah sangat baik,” katanya.

Burhanuddin menegaskan Pemda Sanggau akan berupaya menganggarkan pelaksanaan pawai obor ditahun depan sebagai upaya pemberdayaan umat.

“Kalau umatnya baik tentu pembangunan juga akan berjalan dengan baik. Oleh karenanya kerukunan dan keharmonisan antar umat beragama harus kita pelihara bersama untuk Sanggau lebih baik,” ujarnya.

Ketua MABM Sanggau, Budi Darmawan mewakili ormas islam menyampaikan terlaksananya pawai obor yang diprakarsai oleh pangeran ratu istana surya negara serta dukungan penuh Pemerintah daerah yang berkolaborasi dengan seluruh ormas islam, paguyuban dan satuan pendidikan.

“Selain menyambut ramadan, kegiatan ini rangkaian menyambut HUT ke-407 kota Sanggau. Harapan kami kepada Pemda agar kegiatan ini bisa menjadi agenda rutin Pemda bersama Istana Surya Negara dan Ormas Islam agar pelaksanaannya nanti bisa terlaksana dengan baik,” pungkasnya. (Candra)

RELATED ARTICLES

Berita Populer