Minggu, Maret 3, 2024
BerandaRagamGubernur Sutarmidji Sebut IPM Kalbar Terus Naik

Gubernur Sutarmidji Sebut IPM Kalbar Terus Naik

PONTIANAK, insidepontianak.com – Gubernur Kalbar Sutarmidji menyebut, Indeks Pembangunan Manusia atau IPM Kalbar terus beranjak naik.

Saat ini, IPM Kalbar berada di angka 68,63 poin. Angka itu menunjukkan peningkatan sebesar 0,73 poin dari tahun 2021, yang tertahan di angka 67,90 poin.

“Laju pertumbuhan IPM sebesar 1,08 persen. Laju pertumbuhan tersebut, merupakan tertinggi keempat di Indonesia,” kata Sutarmidji saat Paripurna LKPJ Pemprov Kalbar Tahun Anggaran 2022 di DPRD Kalbar, Senin (27/3/2023).

Adapun capaian pembentuk IPM Kalimantan Barat terdiri dari rata-rata lama sekolah mencapai 7,59 tahun. Jumlah ini alami peningkatan dari tahun sebelumnya yang hanya sebesar 7,45 tahun.

Sementara itu, angka harapan lama sekolah mencapai 12,66 tahun, meningkat dari tahun sebelumnya sebesar 12,65 tahun.

Di sisi lain, usia harapan hidup juga alami peningkatan. Adapun angkanya mencapai 71,02 tahun, meningkat dari tahun sebelumnya sebesar 70,76 tahun dan masuk peringkat ke-13 nasional.

Sutarmidji memastikan, peningkatan IPM menjadi fokus Pemerintah untuk mewujudkan masyarakat cerdas, sehat dan produktif.

Salah satu yang dilakukan Pemprov dengan melakukan pemerataan sekolah. Tahun ini, Pemprov Kalbar juga menambah 25 SMA dan SMK baru di Kalbar. Ini merupakan salah satu upaya membangun IPM Kalbar. (Andi)

Abdul Halikurrahman
Abdul Halikurrahmanhttps://insidepontianak.com/redaksi/
Koordinator Liputan Insidepontianak.com
RELATED ARTICLES

Berita Populer