Senin, Februari 26, 2024
BerandaGaya HidupRizky Febian Mau Jadi Pelawak, Ngambek Dicoret dari Program TV, Sule: Gak...

Rizky Febian Mau Jadi Pelawak, Ngambek Dicoret dari Program TV, Sule: Gak Bisa Kalahi Gua!

MEDAN, Insidepontianak.com – Awalnya penyanyi Rizky Febian ingin jadi pelawak seperti ayahnya, Sule. Dia pun sempat ikut tampil di beberapa program TV, tapi kemudian tidak muncul lagi. Dia ngambek sampai marah pada sang ayah selama setahun.

Keterangan ini disampaikan langsung oleh Sule ketika menjadi tamu di program ‘Ngelaba Lagi’. Bagi Sule, Rizky Febian tidak begitu coocok jadi pelawak hingga dicoret dari beberapa acara. Hal inilah yang menyebakan Rizky Febian ngambek.

Tidak ngambek biasa, Rizky Febian malah sampai tidak tegur sapa dengan Sule selama setahun. Tepatnya sejak dia tidak lagi diajak tampil bersama sang ayah. Ya, dari beberapa program, Sule memang sempat melibatkan anak pertamanya itu menjadi pelawak.

“Awalnya (Rizky Febian) pengen ngikut kayak bapaknya (pelawak). Sok lucu gitu, di depan gua juga sok lucu,” aku Sule di Youtube EKO PATRIO TV, dikutip pada Senin (3/4/2023).

Bahkan Rizky Febian pernah memakai nama Rizky Sule diawal-awal kemunculannya. “Jauh banget sih ngelawaknya gitu. Gua ketawa aja, biar dia senang,” tambah Sule.

Sule kemudian bercerita, sebagai bapak, dia bukan tipe yang memaksakan kehendak. Misalnya Rizky Febian, kalau dipaksakan jadi PNS tentu tidak mungkin karena sang anak tidak punya ilmunya. Pun, ketika mau jadikan anaknya polisi, tentu harus menjalani pendidikan terlebih dahulu.

Nah, ketika anak-anaknya ingin terjun ke dunia hiburan, maka dia memberi jalan. Pasalnya, memang dunia itulah tempatnya berada. Itulah sebab, Rizky Febian semacam diperkenalkan lebih dahulu oleh Sule. Sang anak dilibatkan di beberapa program sejak 2009.

“Contohnya di ‘Awas Ada Sule’, ‘Saung Sule’, program-program lah di ‘OVJ’ (Opera van Java) dan yang lain-lain. Setelah itu, baru kita berhentiin,” terang Sule.

Pun, pada awal tahun 2012, Rizky Febian sempat merintis karier sebagai penyanyi dengan merilis singel perdana berjudul ‘Papa Telepon’. Namun, dia berduet dengan Sule membawa lagu terjemahan dari Iran ke bahasa Indonesia, di bawah naungan perusahaan rekaman Falcon Music.

Dengan kata lain, setelah mengenalkan dunia hiburan melalui program-program itu, Rizky Febian tidak dilibatkan lagi. Dia tidak pernah diajak lagi untuk syuting program TV.

“Sampai-sampai dia marah. Ngambek. Lagi enjoy-enjoy malah gak diajak lagi. Satu tahun nggak ngobrol sama dia,” cetus Sule.

Sule beralasan, Rizky Febian harus berkarya sendiri agar bisa berdiri sendiri. “Suruh dia cari sendiri. Biar dia punya nama sendiri dia harus punya karya,” terang Sule.

Pada masa-masa tidak ngobrol dan dicoret dari program TV itulah Rizki Febian berjuang membuat lagu sendiri. Darah seni yang mengalir dari ayah dan ibunya, khususnya dunia tarik suara, membuat dia berhasil menciptakan lagu ‘Kesempurnaan Cinta’ pada 2015.

Lagu tersebut sekaligus sebagai bukti Rizky Febian kepada Sule bahwa dirinya bisa berkarya sendiri. “Begitu dia bikin lagu ‘Kesempurnaan Cinta’, dia buktiin ke bapaknya, baru bisa baikan lagi,” tutur Sule.

“Makanya lu (Rizky Febian) harus tentui, mau jadi pelawak atau jadi penyanyi. Kalau jadi pelawak, mah, banyak pelawak yang lucu. Lu juga gak bisa ngalahi gua!” sambung Sule.

Ya, sejak saat itu, Rizky Febian mulai dikenal sebagai penyanyi. Lagunya hits. Lelaki bernama lengkap Rizky Febian Adriansyah Sutisna ini pun dinominasikan dalam 17 nominasi dalam berbagai ajang perhargaan dan memenangkan 10 penghargaan.

Bahkan pada 2020, Rizky Febian mendirikan label rekamannya sendiri, RFAS Music. Dia merealisasi karya impiannya di bidang musik yang sempat terhalang oleh peraturan dan kebijakan label rekaman.

“Sekarang udah mulai ya. Minimal tiga orang yang sudah tidak perlu saya biayain lah, tinggal dua lagi,” pungkas Sule.***

(Penulis: Adelina)

RELATED ARTICLES

Berita Populer