Minggu, Maret 3, 2024
BerandaEkonomiPLN Kalbar Gercep Pulihkan Listrik Pasca-dihantam Angin Puting Beliung

PLN Kalbar Gercep Pulihkan Listrik Pasca-dihantam Angin Puting Beliung

PONTIANAK, insidepontianak.com – Sejumlah jaringan listrik di Pontianak, Kubu Raya dan di kabupaten lain di Kalbar, sempat terganggu akibat angin kencang puting beliung melanda, pada Jumat (7/4/2023) sore.

Cuaca ekstrem itu, membuat pohon tumbang menimpa kabel listrik. Pemadaman di sejumlah titik pun tak terhindarkan. Di Kota Pontianak, pemadaman terjadi di Jalan Purnama dan Jalan Sumatera.

Sementara di Kabupaten Mempawah, pemadaman terjadi di Kecamatan Segedong, Toho, dan Mandor. Penyebabnya sama: pohon tumbang diterjang angin kencang dan menimpa kabel jaringan.

Menurut General Manager PLN UID Kalbar, Mochamad Soffin Hadi, dampak bencana angin puting beliung menyebabkab pemadaman pada 28 penyulang, 3.549 gardu distribusi, dan 382.086 rumah pelanggan.

Peristiwa ini pun segera ditindaklanjuti. PLN Kalbar gerak cepat atau gercap menerjunkan petugas teknis memperbaiki kerusakan jaringan akibat pohon tumbang tersebut.

“Kami menurunkan 28 tim layanan teknik, melibatkan dua tim vendor pemeliharaan jaringan listrik, serta menurunkan 2 unit mobil crane, 11 armada kendaraan roda empat, dan 3 unit kendaraan roda dua untuk memulihkan aliran listrik,” kata Soffin.

Petugas teknik segera memperbaiki tujuh tiang tumbang di Mempawah, dan 1 tiang tumbang di Pontianak, memperbaiki kabel JTM yang putus di dua lokasi, travers yang melorot di tiga lokasi, serta melakukan pembersihan pohon tumbang di 16 lokasi yang dibantu oleh Tim Damkar Kota dan Kabupaten.

“Petugas kami bekerja memperbaiki seluruh kerusakan hingga dini hari tadi. Alhamdulillah, saat ini hampir seluruh lokasi yang terdampak padam sudah normal, hanya tinggal 3 lokasi gardu distribusi yang masih dalam proses perbaikan,” ucapnya.

“Sekitar 86 rumah pelanggan yang masih belum teraliri listrik dan kami terus berupaya secepat mungkin agar masyarakat dapat segera menikmati terangnya listrik PLN kembali,” sambung Soffin.

Kejadian ini diharapkan menjadi pembelajaran. Harus ada pemeliharaan pohon dari pihak terkait. Sehingga jika angin kencang menerjang, potensi pohon tumbang bisa diminimalisir.

Di sisi lain, masyarakat juga diimbau berhati-hati dalam beraktivitas bila terjadi cuaca ekstrem, seperti angin puting beliung ini.

“Jika terjadi gangguan listrik atau peristiwa yang berpotensi dapat menyebabkan gangguan listrik, pelanggan dapat melaporkan lewat aplikasi PLN Mobile atau contact center PLN 123,” pesan Soffin.***

Abdul Halikurrahman
Abdul Halikurrahmanhttps://insidepontianak.com/redaksi/
Koordinator Liputan Insidepontianak.com
RELATED ARTICLES

Berita Populer