Senin, Februari 26, 2024
BerandaPolitikPPP Pilih Ganjar Pranowo Capres 2024, Siap Sodorkan Kader untuk Cawapres

PPP Pilih Ganjar Pranowo Capres 2024, Siap Sodorkan Kader untuk Cawapres

PONTIANAK, insidepontianak.com – Partai Persatuan Pembangunan atau PPP, memutuskan ikut mengusung Ganjar Pranowo sebagai calon Presiden untuk Pemilu 2024.

Pengumuman ini disampaikan oleh Pelaksana Tugas atau Plt Ketua Umum PPP, Muhammad Mardiono, yang disiarkan secara langsung di berbagai televisi nasional, Rabu (26/4/20243).

“Dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahim, Partai Persatuan Pembangunan, memutuskan Bapak Ganjar Pranowo sebagai Capres pada Pemilu 2024 yang akan datang,” ucap Muhammad Mardiono.

Dengan demikian, PPP akan berkoalisi dengan PDIP untuk memenangkan Ganjar Pranowo sebagai Capres di kontestasi pesta demokrasi Pemilu 2024.

Mardiono menyampaikan, keputusan PPP memilih Ganjar Pranowo sebagai Capres telah melalui mekanisme berdasarkan hasil keputusan Rapimnas ke-V 2023. Adapun pertimbangannya sebagai berikut:

Pertama, PPP ingin melanjutkan dukungan politik kepada Ganjar dalam pencalonan Presiden untuk melanjutkan estafet kepemimpinan periode 2024-2029.

“Dukungan serupa telah dilakukan pada Pilkada Jawa Tengah,” ujar Mardiono.

Kedua, PPP ingin menitipkan politik amar makruf nahi mungkar kepada Ganjar Pranowo di masa yang akan datang, melalui prinsip politik religius.

Sebab, Ganjar dinilai sosok yang tak bisa dipisahkan dari PPP karena histori keluarganya yang sangat dekat dengan partai berlambang Ka’bah ini.

“Semoga Indonesia yang didambakan oleh umat dan pendiri bangsa ini dapat menjadi negeri baldatun toyyibatun warabbun gafur,” harap Mardiono.

Ketiga, PPP memandang integritas Ganjar sangat layak menduduki posisi pemimpin bangsa. Di sisi lain, secara politik, dukungan  popularitas dan elektabilitas Ganjar telah dibuktikan oleh berbagai lembaga survei dengan menempati posisi teratas dari tokoh-tokoh yang lain.

Keempat, secara historis Ganjar merupakan bagian yang tak dapat dipisahkan dari PPP, karena mertuanya merupakan pengurus partai di Purbalingga selama 4 periode.

Kelima, berdasarkan mandat dari forum Rapimnas V, PPP akan melakukan langkah politik mendorong kader dapat dipasangkan sebagai calon wakil presiden mendampingi Ganjar Pranowo.

“Ini amanat rapat konsitusi PPP,” tegasnya.

Bagi PPP, keinginan mereka menyodorkan kader sebagai Cawapres mendampingi Ganjar, bukan harapan berlebihan. Mengingat kader PPP Hamzah Haz, pernah menjadi Wakil Presiden mendampingi Megawati.

Setelah pengumuman ini, Mardiono memastikan PPP segera melakukan pertemuan dengan PDIP sebagai partai utama yang mengusung Ganjar sebagai Capres.***

Abdul Halikurrahman
Abdul Halikurrahmanhttps://insidepontianak.com/redaksi/
Koordinator Liputan Insidepontianak.com
RELATED ARTICLES

Berita Populer