Selasa, Maret 5, 2024
BerandaKalbarLandakPembukaan Naik Dango di Landak, Muhammad Pagi : Kita Dukung Pelestarian Adat...

Pembukaan Naik Dango di Landak, Muhammad Pagi : Kita Dukung Pelestarian Adat Istiadat di Kalbar

LANDAK, insidepontianak.com – Wakil Bupati Mempawah Muhammad Pagi, menghadiri pembukaan Naik Dango XXXVIII di Rumah Radakng Aya’ Ngabang Kabupaten Landak, Kamis (27/04/2023).

Bersama Ketua TP PKK Kabupaten Mempawah, Wabup Mempawah dan seluruh tamu undangan menyaksikan pagelaran adat budaya yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya.

Acara diawali dengan proses “Ngantat Panompo” atau Defile Kontingen Naik Dango perwakilan dari tiga kabupaten, yaitu Landak, Kubu Raya dan Kabupaten Mempawah.

Wabup Muhammad Pagi mengatakan, kehadirannya sebagai bentuk dukungan terhadap kontingen Naik Dango yang berasal dari Kabupaten Mempawah. Dia juga mengapresiasi upaya pelestarian adat budaya lokal.

“Saya mendukung penuh kegiatan ini. Bagian dari upaya pelestarian adat budaya di Kalbar,” kata Muhammad pagi.

Muhammad Pagi juga mengapresiasi Dewan Adat Dayak (DAD) Kabupaten Mempawah, atas partisipasinya memeriahkan dan melestarikan adat budaya Dayak di Kalimantan Barat.

Dia berharap, generasi muda Dayak nantinya dapat tetap menjaga dan melestarikan adat, sebagai khasanah kearifan budaya lokal.

Membuka secara resmi, Gubernur Kalbar diwakili Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Provinsi Kalbar, Ignasius. Gelaran ini dimulai sejak 12 April itu, diikuti sebanyak 24 kontingen.

Ignasius pun menyampaikan harapan, bahwa pelestarian budaya seperti Naik Dango dapat menarik wisatawan dan menjadi motor penggerak dalam mengembangkan ekonomi kreatif dan kepariwisataan.

“Mari bersama bangun citra positif Kalimantan Barat,” ujarnya.

Kepada seluruh masyarakat yang hadir, Ignsius juga mengucapkan terimakasih, atas partisipasi dan antusiasme yang berjalan tertib nan meriah.

RELATED ARTICLES

Berita Populer