Selasa, Maret 5, 2024
BerandaKalbarPolda Kalbar Minta Buruh Tertib Gelar May Day

Polda Kalbar Minta Buruh Tertib Gelar May Day

PONTIANAK, insidepontianak.com – Polda Kalbar minta para buruh hendak menggelar aksi May Day 2023 di Kalbar untuk tertib.

Peringatan hari buruh sedunia sendiri diperingati setiap tahun pada 1 Mei.

Di Pontianak, 1.000 buruh ditargetkan turun ke jalan menggelar aksi. Hal tersebut juga diikuti sejumlah kabupaten dan kota di Kalbar.

Kabid Humas Polda Kalbar, Kombes Pol Raden Petit Wijaya mengatakan, peringatan May Day 2023 sementara baru terpantau di Ketapang. Adapun perkiraan massa mencapai 200 orang.

“Sementara tempat lain masih tentatif karena masih suasana mudik lebaran,”kata Petit Wijaya kepada insidepontianak.com, Sabtu (29/4/2023).

Meski begitu, Polda Kalbar tetap mempersiapkan pengamanan, agar kegiatan penyampaian pendapat di muka umum tersebut dapat terlaksana dengan aman, lancar dan sehat.

Petit mengimbau para buruh menggelar aksi penyampaian pendapat di ruang publik untuk menjaga ketertiban di lokasi unjuk rasa.

“Jangan sampai mengganggu aktivitas masyarakat,”terangnya.

Sebelumnya, Kordinator Wilayah, Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia atau KSBSI Kalbar, Suherman mengatakan, pada peringatan Hari Buruh tahun ini, para buruh akan turun ke jalan menyampaikan kegelisahannya terkait disahkan-nya UU Nomor 6 tahun 2023 tentang Cipta Kerja. Mereka menuntut agar UU Nomor 6 Tahun 2023 itu dicabut.

Selain itu, para buruh juga akan menyuaran isu ketenagakerjaan lainya yang menyengsarakan para buruh.

“Kami akan menggelar unjuk rasa di kantor DPRD dan Disnakertrans Kalbar,” kata Suherman kepada insidepontianak.com, Jumat (28/4/2023).

Rencananya kegiatan ini akan dilaksanakan pada Jumat mendatang.

Selain KSBSI sejumlah organisasi buruh seperti PELIKHA, KSPSI, dan SPKO Kalbar bakal turun.

“Adapun estimasi massa yang bakal turun sekitar 1.000 orang. Kita menuntut agar UU Nomor 6 Tahun 2023 itu dicabut,” pungkasnya (Andi).

RELATED ARTICLES

Berita Populer