Jumat, Maret 1, 2024
BerandaOlahragaPresiden Jokowi Puji Mental Juara Timnas U-22 Indonesia Juarai Sepak Bola SEA...

Presiden Jokowi Puji Mental Juara Timnas U-22 Indonesia Juarai Sepak Bola SEA Games 2023

JAKARTA, insidepontianak.com – Presiden Joko Widodo memuji mental juara yang disebutnya sudah terlihat dari para pemain tim sepak bola putra Timnas U-22 Indonesia.

Presiden Jokowi sudah memuji mental para pemain sepak bola U-22 Indonesia, sejak laga semi final sebelum meraih medali emas SEA Games 2023 Kamboja.

“Yang saya sampaikan kemarin, mental pemenang, mental juara, itu memang kelihatan sekali ada,” kata Presiden Jokowi, saat memberi keterangan di sela perayaan kecil bersama sejumlah menteri di Si Bolang Durian, Medan, Selasa malam tadi yang diunggah dalam kanal YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (17/5/2023).

Presiden Jokowi merujuk pernyataan yang sempat dia lontarkan pada Minggu (14/5/2023), saat dimintai komentar atas keberhasilan Indonesia melewati Vietnam dalam babak semi final sehari sebelumnya, meskipun harus menuntaskan pertandingan dengan 10 pemain.

“Saya juga senang karena bolanya juga masuk final dengan pertarungan dan semangat juang yang sangat,” kata Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi menyampaikan bahwa mental menang, memang mental pemenang. “Jadi kalau menang ya wajar, meskipun hanya 10 pemain masih bisa menggolkan, itu yang mental pemenang,” kata Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi menonton laga final sepak bola putra SEA Games 2023 Kamboja antara Indonesia melawan Thailand yang berlangsung Selasa malam tadi, di Rumah Dinas Wali Kota Medan.

Presiden Jokowi menyaksikan pertandingan tersebut didampingi putra sulungnya yang juga Wali Kota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka, menantunya yang juga Wali Kota Medan Bobby Nasution bersama istri Kahiyang Ayu, dan personel Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres).

Emas Sepak Bola SEA Games
Grafis kemenangan Timnas U-22 Indonesia dalam SEA Games 2023. (Antara)

 

Secara khusus Presiden menyebut gol ketiga Indonesia yang dicetak Irfan Jauhari sebagai salah satu momen penting dari kemenangan 5-2 atas Thailand dalam final yang harus dituntaskan lewat babak tambahan waktu 2×15 menit tersebut.

“Gol yang ketiga juga menimbulkan semangat lagi. Kemudian gol yang keempat tadi, Fajar Fathur Rahman, yang terakhir ditutup sama Beckham Putra, rampung,” ujar Jokowi.

Dia mengapresiasi keberhasilan meraih emas sepak bola putra SEA Games dengan menyebutnya buah kerja keras bertahun-tahun.

“Sekali lagi selamat kepada seluruh pemain, pelatih, ofisial, semuanya. Ini kerja yang bertahun-tahun berkesinambungan, kemudian masuk training camp, saya kira ini sangat bagus,” kata Jokowi sembari mengangkat dua jempol.

Jokowi menyambut prestasi tersebut dengan perayaan kecil lewat mentraktir sejumlah menteri menikmati durian di Medan.

Hadir mendampingi Presiden Jokowi dalam perayaan kecil itu adalah Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Wakil Gubernur Sumatera Utara Musa Rajekshah, dan Paspampres.(Antara)***

RELATED ARTICLES

Berita Populer