Minggu, Maret 3, 2024
BerandaGaya HidupKulinerResep Untuk Membuat Coto Makassar Terdebest, Lengkap dengan Sambal Tauco

Resep Untuk Membuat Coto Makassar Terdebest, Lengkap dengan Sambal Tauco

SINJAI, insidepontianak.com – Coto Makassar adalah salah satu hidangan khas Indonesia yang berasal dari daerah Makassar, Sulawesi Selatan.

Hidangan Coto Makassar ini terkenal dengan kuahnya yang gurih dan tekstur daging sapi yang empuk.

Dalam artikel ini, Mimin akan membagikan resep lengkap dan terdebest untuk membuat Coto Makassar lengkap dengan Sambal Tauco.

Dalam resep Coto Makassar kali ini, bahan utama yang digunakan adalah daging sapi sebanyak 700 gram.

Daging sapi yang digunakan sebaiknya mengandung sedikit tulang dan lemak, namun jika tidak tersedia, bisa menggunakan daging sapi tanpa lemak.

Daging sapi tersebut direbus terlebih dahulu dalam panci presto selama 30 menit agar llebih empuk empuk.

Yang membuat Coto Makassar memiliki cita rasa khas adalah penggunaan air cucian beras dalam kuahnya.

Dalam resep ini, digunakan 2.500 mililiter air cucian beras yang dituangkan ke dalam panci presto bersama dengan daun salam, lengkuas yang digeprek, dan garam secukupnya.

Selain daging sapi, Minin juga menambahkan jeroan sapi seperti babat, limpa, jantung, dan paru-paru yang telah direbus sebelumnya.

Jeroan sapi ini memberikan tekstur yang lebih keras pada hidangan Coto Makassar. Setelah direbus, semua bahan tersebut diamkan sampai dingin.

Selanjutnya, kacang tanah goreng menjadi salah satu bahan khas yang digunakan dalam Coto Makassar. Kacang tanah tersebut dihaluskan menggunakan grinder dan disisihkan.

Rempah-rempah kering seperti kemiri, kayu manis, lada, ketumbar, dan jintan juga disangrai terlebih dahulu sebelum dihaluskan menggunakan grinder.

Bumbu-bumbu seperti bawang merah, bawang putih, lengkuas, jahe, dan sereh diiris-iris dan digoreng menggunakan minyak goreng.

Setelah matang, bumbu-bumbu tersebut dihaluskan menggunakan grinder kecuali kayu manis.

Bumbu yang telah dihaluskan ditumis dengan minyak goreng dan ditambahkan daun salam, daun jeruk, dan rempah-rempah yang sudah dihaluskan sebelumnya.

Setelah itu, daging sapi dan jeroan sapi yang telah dipotong-potong dimasukkan ke dalam kaldu rebusan daging sapi yang sudah disaring. Bumbu yang sudah ditumis juga ditambahkan ke dalam kaldu.

Kacang tanah yang telah dihaluskan kemudian dimasukkan ke dalam kaldu untuk memberikan cita rasa khas pada kuah Coto Makassar.

Garam, gula pasir, dan penyedap rasa juga ditambahkan sesuai selera.

Hidangan Coto Makassar siap disajikan setelah matang. Sebagai pelengkap, sambal tauco dapat ditambahkan untuk memberikan tambahan cita rasa yang lezat.

Sambal tauco ini dibuat dengan menggoreng cabe merah, bawang merah, dan bawang putih yang telah dihaluskan, kemudian ditumis dengan tauco hingga matang.

Dengan resep lengkap ini, Anda dapat dengan mudah membuat Coto Makassar yang lezat di rumah.

Hidangan ini sangat cocok disantap bersama nasi putih hangat dan dilengkapi dengan kerupuk sebagai pendamping.

Coto Makassar adalah hidangan yang kaya akan rempah-rempah dan cita rasa yang unik, menjadikannya salah satu hidangan yang wajib dicoba bagi pecinta kuliner Indonesia.

Coto Makassar merupakan hidangan khas Indonesia yang sangat populer dan memiliki banyak penggemar.

Dengan mengikuti resep lengkap dan terdebest yang telah dijelaskan di atas, Anda dapat mencoba membuat sendiri hidangan ini di rumah dengan mudah.

Pastikan untuk mengikuti langkah-langkah dengan teliti dan menggunakan bahan-bahan yang segar dan berkualitas untuk menghasilkan Coto Makassar yang lezat dan autentik.

Jangan lupa tambahkan sambal tauco sebagai pelengkap untuk memberikan sentuhan ekstra pada cita rasa hidangan Anda.

Selain memuaskan lidah Anda, Coto Makassar juga merupakan hidangan yang kaya akan sejarah dan budaya Indonesia.

Dengan mencoba dan mengapresiasi hidangan tradisional seperti ini, Anda juga turut melestarikan warisan kuliner Indonesia.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang ingin mencoba membuat Coto Makassar dan menikmati kelezatannya.

Selamat mencoba dan selamat menikmati sajian Coto Makassar yang autentik dan lezat! (Zumardi IP)***

RELATED ARTICLES

Berita Populer