Minggu, Maret 3, 2024
BerandaGaya HidupKulinerLima Mie Aceh Pilihan di Kota Medan; Langganan Wisatawan Lokal, Nasional, hingga...

Lima Mie Aceh Pilihan di Kota Medan; Langganan Wisatawan Lokal, Nasional, hingga Mancanegara

MEDAN, insidepontianak.com – Sesuai namanya, mie Aceh, tentu menu khas dari Provinsi Aceh. Meski begitu, keberadaan mie Aceh di Medan bak jamur di musim penghujan.

Ya, nyaris setiap kawasan di Medan ada warung mie Aceh. Menariknya, masing-masing warung tak pernah sepi pelangan walau menyajikan menu Aceh yang nyaris sama.

Rasa dari menu khas Aceh ini memang sudah sangat akrab di lidah warga Medan dan sekitarnya. Mie Aceh bahkan sudah seperti menu khas Medan saja.

Ini tak lain karena Aceh adalah provinsi tetangga. Pun banyak warga Aceh di Medan, baik sebagai perantau maupun warga tetap. Dan jangan lupa, Medan atau Kesultanan Melayu Deli memiliki sejarah panjang dengan Aceh.

Nyatanya warung makan Aceh atau warung kopi Aceh hingga kini benar-benar membanjir di Medan. Menu makanan yang ditawarkan nyaris seragam mulai dari nasi goreng, martabak telur, dan tentu saja mie Aceh.

Namun, soal rasa jangan ditanya. Masing-masing warung memiliki kekhasan sendiri hingga pelanggannya tak lari ke tempat lain. Tidak hanya soal kuah atau bumbu, mie-nya pun (mie berwarna kuning) memiliki kekhasan tersendiri.

Berikut lima warung mie Aceh yang bisa jadi pilihan saat Anda ke Medan. Kelima warung ini sangat dikenal seperti dikutip dari jofiebakery.com dan keluyuran.com, Jumat (8/5/2023):

1. Mie Aceh Titi Bobrok

Dinamakan Titi Bobrok karena warung ini berada di sisi sebuah jembatan (titi) yang rusak (bobrok). Kini jembatan itu sudah tidak rusak lagi, tapi namanya tetap melekat. Lokasinya di Jalan Setia Budi, Kecamatan Medan Sunggal.

Mie aceh topping udang dan kepiting adalah menu favorit dari kedai Mie Aceh Titi Bobrok. (Foto: Instagram @miojkt)
Mie aceh topping udang dan kepiting adalah menu favorit dari kedai Mie Aceh Titi Bobrok. (Foto: Instagram @miojkt)

Warung ini sudah ada sejak 1996 dan langsung merebut hati penggemar mie Aceh. Di Mie Aceh Titi Bobrok, pengunjung bisa memilih tiga varian jenis mie Aceh, yaitu mie goreng, mie tumis, dan mie kuah. Beberapa topping yang bisa dipilih oleh pengunjung adalah kepiting, udang, dan cumi.

Mie aceh topping udang dan kepiting adalah menu favorit dari kedai mie ini dan tidak hanya disukai oleh pelanggan dari indonesia. Banyak turis dari Bangladesh, Singapura, dan Malaysia yang menyukai mie aceh dengan dua topping tersebut.

2. Mie Aceh Simpang Barat

Olahan mie dari warung Mie Aceh Simpang Barat terbuat dari mie kuning yang dimasak dengan bumbu khas dan disajikan dalam keadaan sedikit basah atau istilahnya nyemek. Topping andalannya adalah udang dan daging sapi.

Kuah mie yang kental dan kaya akan rempah berpadu dengan mie yang kenyal dan gurih membuat hidangan Mie Aceh Simpang Barat begitu populer.

Di sini Anda juga bisa menemukan menu makanan yang lain seperti kwetiau, bihun, nasi goreng hingga Indomie Goreng yang akan memanjakan lidah.

Mie Aceh Simpang Barat ini berada di Jalan Gatot Subroto, Kecamatan Medan Petisah. Tepatnya di sebuah persimpangan yang disebut SImpang Barat. Kelebihan lain warung ini adalah soal jam operasinya, yakni hingga dini hari.

3. Mie Aceh Serdang

Mie Aceh ini berada di Jalan Prof HM Yamin, Kecamatan Medan Perjuangan. Dulunya kawasan ini bernama Jalan Serdang, itulah kenapa namanya disebut Mie Aceh Serdang.

Mie Aceh di kedai mie ini menggunakan topping kepiting berukuran besar. Kepitingnya terlihat bercampur dengan mie yang membuat bumbunya menyebar pada daging kepitingnya. Kepiting yang disajikan sudah dipotong kecil sehingga memudahkan dalam menyantapnya.

Bumbunya yang gurih dan kaya akan rempah menjadi poin plus dari hidangan mie Aceh ini. Selain mie aceh, kedai ini pun menyajikan roti canai, martabak telur dan minuman bandrek.

4. Mie Aceh Arang 73

Ingin mencicipi cita rasa mie Aceh yang berbeda? Cobalah sajian Mie Aceh Arang 73. Mie aceh di sini tidak menggunakan daging sapi atau ayam, melainkan menggunakan daging rusa. Dagingnya diproses dengan cara diasapi sehingga menghasilkan aroma yang lebih smokey.

Selain itu, bumbunya pun terasa meresap ke dalam mie dan dagingnya. Proses memasaknya memakan waktu yang dua kali lebih lama dari proses memasak mie Aceh pada umumnya. Pasalnya, kedai ini tidak memakai kompor gas untuk memasak mienya.

Namun, jika tidak sabar, Anda bisa pesan mie Aceh biasa yang dimasak dengan menggunakan kompor gas. Warung ini berada di Jalan Merak, Kecamatan Medan Sunggal.

5. Mie Aceh Nasabe

Tempat makan mie Aceh ini berada di kawasan Krakatau, atau lebih ke Utara Kota Medan. Tepatnya di Jalan Mustafa, Kecamatan Medan Timur.

Di sini pengunjung bisa menikmati mie Aceh sekaligus kopi Aceh juga karena tempat makan ini berkonsep warung kopi atau biasa disebut warkop. Karena itu Warung Mie Aceh Nasabe ini punya banyak menu yang pastinya lezat, misalnya nasi goreng, roti canai, martabak, dan menu nasi lainnya.

Namun, menu mie Aceh adalah menu andalannya. Aroma yang lezat sangat menggugah selera. Mienya disajikan dalam porsi yang banyak dengan bumbu yang melimpah. Tidak heran jika banyak pelanggan yang kembali ke warung Mie Aceh Nasabe.

Nah, itu dia warung mie Aceh yang bisa jadi pilihan di Kota Medan. Menu idola bagi wisatawan, tidak hanya lokal, nasional dan mancanegara juga menikmatinya. (Adelina). ***

RELATED ARTICLES

Berita Populer