Minggu, Maret 3, 2024
BerandaGaya HidupRagam Manfaat Berendam di Air Belerang, Ampuh Sejak Zaman Mesir dan Romawi...

Ragam Manfaat Berendam di Air Belerang, Ampuh Sejak Zaman Mesir dan Romawi Kuno

MEDAN, insidepontianak.com – Tinggal di Indonesia yang memiliki banyak sumber air panas pegunungan adalah kelebihan tersendiri. Pasalnya, air belerang ternyata memiliki begitu banyak manfaat bagi kesehatan.

Bahkan, manfaat air belerang telah dikenal sejak zaman Mesir dan Romawi kuno. Ya, sumber air panas dari pegunungan itu dikenal baik untuk kesehatan kulit.

Tidak itu saja, air belerang dari sumber air panas di pegunungan juga memiliki manfaat lain bagi kesehatan. Di antaranya adalah untuk melancarkan darah dan relaksasi.

Meski begitu, mengutip halodoc.com, Senin (12/6/2023), durasi berendam di air belerang juga patut diperhatikan soal durasinya. Pasalnya, jika berlebihan, dia juga membawa faktor negatif.

Dengan kata lain, terlalu lama berendam di air belerang juga bisa memperbesar pori-pori, sehingga malah bikin masuk angin dan mengiritasi kulit. Makanya, disarankan membasuh badan dengan air bersuhu netral untuk mengembalikan suhu kulit di posisi awal.

Berendam air belerang terlalu lama juga dapat menurunkan tingkat kesuburan, terutama pada pria. Pasalnya, testis yang terlalu lama terendam air panas bisa menurunkan tingkat produksi sperma.

Ibu hamil juga tidak disarankan untuk berendam air belerang, karena kandungan sulfur yang bila terserap kulit dan terhirup bisa berbahaya untuk kehamilan dan janin dalam kandungan.

Terlepas dari itu, ini ragam manfaat berendam di air belerang bagi kesehatan:

1. Baik untuk kesehatan kulit

Belerang adalah mineral alami yang meskipun berbau menyengat tapi telah menjadi metode hidroterapi yang digunakan sejak zaman dahulu. Berendam di air belerang dapat membunuh kuman, virus, dan infeksi jamur.

Menurut penelitian kesehatan, belerang secara efektif mengeringkan jerawat dan membantu memberantas akar jerawat yang melekat di dalam pori-pori kulit. Selain mengurangi peradangan jerawat, belerang juga dapat mengangkat sel-sel kulit mati.

Berendam di air belerang juga dapat menyembuhkan sakit kulit seperti panu, gatal-gatal karena alergi, dan gangguan kulit lainnya.

Pasalnya, belerang memiliki sifat keratolytic yang berfungsi untuk mengangkat kulit mati serta antimicrobial yang berfungsi melawan bakteri dan meredakan inflamasi pada kulit.

2. Melancarkan Aliran Darah

Berendam air belerang juga memiliki manfaat tambahan seperti melancarkan peredaran darah. Di beberapa negara, ritual berendam air belerang menjadi salah satu ritual yang tidak ditinggalkan dan membudaya.

Salah satu negara yang mengadopsi kebiasaan ini adalah Jepang. Berendam air belerang dipercaya dapat melancarkan aliran darah dan juga sebagai sarana relaksasi setelah habis bekerja seharian penuh. Itulah, kebiasaan berendam air panas ini biasanya dilakukan pada malam hari.

Selain melancarkan aliran darah, bisa juga meningkatkan metabolisme tubuh, mengurangi sembelit, dan meredakan radang wasir.

Sejatinya, berendam air belerang dapat membuka pori-pori yang pada akhirnya menyerap mineral bermanfaat dan mengolahnya menjadi nutrisi yang bermanfaat untuk kulit.

3. Relaksasi

Tekanan pada air belerang bersuhu panas juga bisa memberikan efek positif pada otot dan persendian. Lebih lanjut, bila secara rutin berendam di air belerang dapat melancarkan sirkulasi darah.

Artinya, berendam di air belerang bisa membuat stamina tubuh lebih tangguh, dan tidak cepat lelah. Pun, merendamkan kaki di air belerang juga memiliki manfaat untuk mengurangi sakit kepala dan meredakan flu.

Satu lagi, buat Anda yang susah tidur bahkan sampai insomnia, merendamkan kaki di air belerang juga bermanfaat membuat tidur menjadi lelap.

Demikianlah ragam manfaat berendam di air belerang bagi kesehatan. Meski begitu tetap ingat, ketika durasi berendm berlebihan, maka sesuatu yang negatif bisa saja muncul. Semoga bermanfaat. (Adelina). ***

RELATED ARTICLES

Berita Populer