Senin, Februari 26, 2024
BerandaNasionalAliran Dana Miliaran ke Ponpes Al-Zaytun Disebut Berasal dari Kemenag

Aliran Dana Miliaran ke Ponpes Al-Zaytun Disebut Berasal dari Kemenag

JAKARTA, insidepontianak.com –  Guberur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengungkap hasil kerja tim investigasi yang dibentuk untuk menyelesaikan polemik Pondok Pesantren Al-Zaytun

Salah satu hasilnya, yaitu disebutkan bahwa terdapat aliran dana miliaran rupiah dari Kementerian Agama masuk ke Al-Zaytun setiap tahunnya.

Ridwan Kamil mengatakan, aliran dana miliaran rupiah dari Kemenag tersebut untuk aktivitas pendidikan di pompes pimpinan Panji Gumilang alias Abu Toto.

“Dana dari Kementerian Agama kurang lebih setiap tahun ada sekian miliar juga ke Al-Zaytun,” ucap Ridwan Kamil, dikutip dari PMJ News, Rabu (21/6/2023).

Kang Emil karib ia disapa juga menyampaikan, Pemprov Jabar tidak mempunyai kewenangan untuk membubarkan Ponpes Al-Zaytun bila memang terbukti ada kesalahan dalam aktivitasnya. Sebab, pihak yang berwenang membubarkan yaitu Kemenag.

” Izinnya ada di Kemenag karena sifatnya pesantren diniyah, aliyah dan seterusnya,” tuturnya.

Adapun Kang Emil membentuk tim investigasi yang ditugaskan secara khusus untuk mengumpulkan data terkait aktivitas di Ponpes Al-Zaytun. Alasannya, dibutuhkan, kajian mendalam untuk menganalisis aktivitas di Ponpes Al-Zaytun.

“Saya harus adil mendengarkan dan membentuk tim investigasi,” ujarnya.

Untuk diketahui tim investigasi bentukan Ridwan Kamil itu terdiri dari berbagai lembaga dan ormas Islam. Kemudian, dalam tim investigasi ada pula aparat kepolisian, TNI, dan kejaksaan.***

Abdul Halikurrahman
Abdul Halikurrahmanhttps://insidepontianak.com/redaksi/
Koordinator Liputan Insidepontianak.com
RELATED ARTICLES

Berita Populer