Sabtu, Februari 24, 2024
BerandaKalbarKetapangIntip Indahnya Wisata Alam Laman Bersolek di Kawasan Taman Nasional Gunung Palung

Intip Indahnya Wisata Alam Laman Bersolek di Kawasan Taman Nasional Gunung Palung

KETAPANG, insidepontianak.com -Wisata air terjun Laman Bersolek memukau para wisatawan. Keasrian dan keindahan kawasan wisata air terjun yang berada di Desa Laman Satong yang terletak di Kecamatan Matan Hilir Utara (MHU), Kabupaten Ketapang ini berbatasan langsung dengan kawasan Taman Nasional Gunung Palung (TNGP).

Salah satu pendaki asal Kabupaten Ketapang Doly (55) mengaku terpukau dengan keasrian wisata alam Laman Bersolek. Sepanjang perjalanan, pendakian disuguhkan keindahan alam dan aliran sungai dari air terjun Laman Bersolek.

“Hutan masih terjaga dengan baik, dan sepanjang jalan kita menyusuri aliran sungai dari air terjun Riam Bersolek yang jernih dan bersih,” ungkap Doly, Senin (26/6/2023).

Walau tak muda lagi, namun Wak Doly yang akrab disapa ini tak patah semangat mencapai puncak tertinggi air terjun Riam Berasap, namun pendakian terpaksa terhenti di sekitar Riam Bekincil.

“Ya kita belum sampai ke puncak air terjun riam berasap karena terkendala fisik, padahal tak jauh lagi kita bisa sampai ke air terjun riam berasap,” tuturnya.

Namun ia tak patah semangat dan akan menjadwalkan pendakian kembali bersama rekan – rekannya yang lain untuk mencapai puncak air terjun riam berasap.

Pengalaman pendakian pertama ini, diakui Doly akan menjadi pelajaran berharga, khususnya dalam mempersiapkan fisik dan bekal bawaan yang tak berlebihan.

“karena kemarin pendakian pertama kita maka kita baru mempelajari medan di lokasi. Saran untuk kawan kawan yang ingin melakukan pendakian sebaiknya memperiapkan fisik dan bekal secukupnya, jangan bawa barang bawaan berlebihan menyebabkan tenaga terkuras dengan cepat,” pesannya.

Pendakian selama 1 hari dengan jumlah pendaki 5 orang ini dikatakan Doly banyak pengalaman yang di dapat. Kondisi alam yang asri membuat banyak habitan flora dan fauna tumbuh dengan baik.

“Kita harap kondisi alam ini tetap terjaga dengan baik. Dan kita semua dapat menjaga alam, sumber air yang melimpah dikawasan tersebut,” pintanya. (Fauzi)

RELATED ARTICLES

Berita Populer