Minggu, Maret 3, 2024
BerandaKalbarSanggauRatusan Warga Muhammadiyah Sanggau Ikuti Shalat Idul Adha di At - Tanwir

Ratusan Warga Muhammadiyah Sanggau Ikuti Shalat Idul Adha di At – Tanwir

SANGGAU, insidepontianak.com – Ratusan warga Muhammadiyah di Kabupaten Sanggau mengikuti salat Idul Adha 1444 Hijriah di Masjid At-Tanwir, Kelurahan Beringin, Kecamatan Kapuas, Rabu (28/6/2023).

Bertindak sebagai imam dan khatib, Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Sanggau, H. Ade Juandi.

Dalam khutbahnya, H. Ade Juandi mengajak umat muslim untuk berhaji apabila telah mampu. Sebab ketika umat muslim berhaji dan menjadi haji yang mabrur maka Allah menjanjikan surga untuknya.

“Salah satu pilar penting yang diwajibkan kepada kita adalah menunaikan ibadah haji ketika telah memiliki kemampuan bekal yang cukup, kesehatan yang cukup.
Pahala ibadah haji sangat besar di sisi Allah, selain menjadi penyempurnaan iman juga memperoleh jaminan surga,” katanya.

Namun umat muslim yang belum mampu melaksanakan ibadah haji, diungkapkannya, memiliki kesempatan untuk memperoleh pahala setara haji. Ibadah-ibadah yang memiliki pahala setara haji diantaranya melaksanakan salat Jumat serta salat berjamaah di masjid.

“Barangsiapa yang berjalan menuju masjid untuk salat berjamaah maka ia seperti berhaji, dan siapa saja yang berjalan menuju salat sunah maka ia seperti melakukan umrah yang sunah,” ujarnya.

Dibagian lain, Ade menyampaikan terimakasih kepada Pemerintah Republik Indonesia yang menetapkan tanggal 28 Juni sebagai hari libur perayaan Idul Adha 1444 Hijriah. Penetapan libur ini, tambahnya, menandakan pemerintah mengakui hisab dan rukyat perhitungan dari Muhammadiyah.

“Demi menjaga kebersamaan di Kabupaten Sanggau, kami dari Muhammadiyah melakukan penyembelihan hewan kurban besok 29 Juni,” tutupnya. (Candra)

RELATED ARTICLES

Berita Populer