Minggu, Maret 3, 2024
BerandaKalbarSanggauDua Rumah Warga di Sungai Sengkuang Runtuh

Dua Rumah Warga di Sungai Sengkuang Runtuh

 SANGGAU, insidepontianak.com – Intensitas hujan cukup tinggi yang mengguyur Kota Sanggau pada Sabtu 1 Juli 2023 malam.

Hal itu membuat warga tinggal dibantaran Sungai Sekayam, di Kelurahan Sungai Sengkuang, Kecamatan Kapuas harus bersiaga.

Sebab, beberapa waktu lalu telah terjadi pergerakan tanah disalah satu rumah warga yang memaksa para penghuninya berikut barang-barang miliknya diungsikan.

“Tadi malam itu hujan terjadi cukup lebat dengan durasi yang lama sehingga memang perlu kita waspadai terutama warga yang tinggal di dataran tinggi atau di bantaran sungai,” kata Pelaksana tugas BPBD Sanggau, Budi Darmawan kepada, Minggu (2/6/2023).

Budi Darmawan melaporkan, hasil monitoring anggotanya di lapangan selama hujan berlangsung hingga Minggu pagi 2 Juli 2023, ada dua unit rumah warga di Sungai Sengkuang ambruk.

“Satu diantara dua rumah itu, bagian dapurnya ambruk ke sungai. Petugas sudah melakukan evakuasi orang dan barang di dalam rumah tersebut,” ungkapnya.

Tidak hanya di Kelurahan Sungai Sengkuang, BPBD juga mencatat musibah tanah longsor di jalan Lili Sanggau Permai. Pasangan batu yang dibuat untuk mencegah longsor ambruk. Beruntung tidak ada korban akibat peristiwa tersebut.

“Dihari yang sama juga terjadi banjir akibat luapan air hujan di Gang Mandiri 1 jalan Mungguk Badang. Luapan air hingga masuk ke rumah warga,” pungkasnya. (Candra)

RELATED ARTICLES

Berita Populer