Selasa, Maret 5, 2024
BerandaKalbarKapuas HuluBanjir di Kapuas Hulu, Pascabanjir Akses Jalan ke Perbatasan RI-Malaysia Dapat Dilalui

Banjir di Kapuas Hulu, Pascabanjir Akses Jalan ke Perbatasan RI-Malaysia Dapat Dilalui

PUTUSSIBAU, insidepontianak.com – Banjir merendam ruas jalan nasional dan beberapa desa di Kecamatan Batang Lupar, Kapuas Hulu.

Daerah itu perbatasan Indonesia-Malaysia, wilayah Kapuas Hulu, Kalimantan Barat. Banjir itu berangsur surut.

Meskipun akses jalan sudah kembali normal, namun banyak kerugian masyarakat akibat banjir yang melanda daerah tersebut.

Banjir di Desa Labian dan Sungai Ajung sudah surut, banyak rumah terendam termasuk hewan ternak terdampak banjir.

“Data kerugian secara rinci menunggu laporan kepada desa,” kata Camat Batang Lupar Aleksius Bulin saat dihubungi di Putussibau Kapuas Hulu, Minggu (9/7/2023).

Disampaikan Bulin, banjir terjadi pada Sabtu (8/7) dinihari yang melanda tiga desa di Kecamatan Batang Lupar, Kapuas Hulu.

Akibatnya, sejumlah pemukiman penduduk dan fasilitas umum terendam banjir, termasuk akses jalan nasional penghubung Kota Putussibau menuju daerah perbatasan Indonesia-Malaysia.

Menurutnya, banjir terjadi dikarenakan intensitas curah hujan yang cukup tinggi, mengakibatkan sungai di daerah tersebut meluap.

“Pihak desa yang terdampak banjir masih melakukan pendataan, meskipun air sudah berangsur surut namun banyak harta dan benda masyarakat terdampak banjir,” ucapnya.

Dikatakan Bulin, dirinya sempat meninjau langsung kondisi banjir yang merendam pemukiman penduduk, kondisinya cukup memprihatinkan.

Oleh sebab itu, dia masih menunggu data riil dari pihak desa terdampak banjir untuk selanjutnya ditindaklanjuti melaporkan ke Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu.

Terkait tanah longsor, di sekitar jalan nasional, Bulin menjelaskan akan berpotensi terjadi longsor susulan apabila kembali terjadi hujan.

“Banjir dan longsor berpotensi kembali terjadi jika intensitas curah hujan kembali tinggi, kami sudah imbau masyarakat untuk selalu waspada,” katanya.***

RELATED ARTICLES

Berita Populer