Kamis, Februari 22, 2024
BerandaPolitikRelawan Maman Bergerak, Pengamat Yakin Tak untuk Pilgub Kalbar

Relawan Maman Bergerak, Pengamat Yakin Tak untuk Pilgub Kalbar

PONTIANAK, insidepontianak.com – Relawan Ketua DPD Golkar Kalbar, Maman Abdurrahman mulai bergerak jelang Pemilu 2024.

Secara resmi, mereka sudah mendeklarasikan siap mengawal Maman untuk terpilih lagi sebagai Anggota DPR RI di Pileg 2024.

Bahkan, lebih dari itu, gerakan politik pendukung Maman ini juga menyatakan siap bekerja memenangkan Maman jika nanti maju sebagai bakal calon Gubernur Kalbar.

Adapun pendukung Maman mengatasnamakan diri sebagai REMAN. Ini singkatan dari Relawan Bang Maman.

Gerakan ini mengklaim beranggotakan lebih dari 1000 orang. Bahkan, segera melebarkan kekuatan di 14 kabupaten/kota.

Namun Pengamat Politik Universitas Tanjungpura, Syarif Usmulyadi menilai, gerakan politik ini hanya sebatas untuk kepentingan elektoral Maman menghadapai Pileg 2024. Tidak untuk Pilgub Kalbar 2024.

Alasannya, Maman dinilai belum berminat maju merebut kursi Gubernur Kalbar. Ini berdasarkan pernyataan Maman, yang sudah banyak jejak digitalnya.

Di sisi lain, Usmulyadi menilai, masih kecil kemungkinan Maman bisa menang di Pilgub Kalbar jika dipaksa untuk dicalonkan.

“Maman ini salah satu calon Gubernur masa depan. Tapi, untuk sekarang belu. Apalagi harus melawan Sutarmidji,” kata Syarif Usmulyadi kepada insidepontianak.com, Minggu (9/7/2023).

“Sebagai Ketua Partai yang cerdas, saya yakin Maman punya kalkulasi. Kalau dia maju dan Sutarmidji maju, suara akan terpecah utamanya masyarakat pesisir. Ini jadi pertimbangkan dia tak akan maju,” sambungnya.

Sementara itu, jika dipasang sebagai Calon Wakil Gubernur, peluang menang ada. Tapi, Maman diyakini tak akan mau dan lebih memilih kursi DPR RI.

“Saya rasa dia (Maman) akan konsentrasi di Senayan, karena Golkar masih membutuhkan dia, untuk jabatan strategis. Misalnya Ketua Komisi hingga pimpinan DPR RI,” katanya.

Menurut Usmulyadi, Maman adalah politisi muda yang cerdas dan vokal di tingkat pusat. Kapasitasnya sebagai wakil rakya sangat mumpuni.

Tak heran, arus dukungan mengalir dari relawan. Namun, ia menilai, Maman nampaknya maish ingin membesarkan namanya di tingkat pusat sebagai anggota legislatif.

Untuk diketahui, Maman Abdurahman sebelumnya telah didong para kader untuk maju di Pilgub Kalbar tahun 2024. Dukungan kepada Maman disampaikan saat Rapimda Partai Golkar, pada Desember 2021. Ia memperoleh dukungan 14 suara dari DPD kabupaten/kota.

Tapi, Maman tak langsung mengiyakan. Ia membuka kesempatan kepada kader terbaik partai Golkar yang lain untuk mendapat hak yang sama.

Golkar sendiri memiliki sederet nama. Yakni, Wakil Gubernur Kalbar, Ria Norsan, Bupati Landak dua periode Adrianus Asia Sidot dan kini duduk di DPR RI, Wakil Ketua DPRD Kalbar, Prabasa Anantatur yang juga mantan Wakil Bupati Sambas. Adapula Martin Rantan, Bupati Ketapang dua periode. (Andi)***

Abdul Halikurrahman
Abdul Halikurrahmanhttps://insidepontianak.com/redaksi/
Koordinator Liputan Insidepontianak.com
RELATED ARTICLES

Berita Populer