Selasa, Maret 5, 2024
BerandaLingkunganMoeldoko Apresiasi Program Konsevasi YIARI Ketapang

Moeldoko Apresiasi Program Konsevasi YIARI Ketapang

KETAPANG, insidepontianak.com – Staf Kepresidenan, Moeldoko memuji program konservasi di Yayasan Inisiasi Alam Rehabilitasi Indonesia atau YARI Ketapang.

Menurutnya, program konservasi di YARI Ketapang sangat holistik. Karena kegiatan konservasi yang dilakukan juga memperhatikan persoalan sosial, budaya, ekonomi, dan pendidikan masyarakat.

Moeldoko berkesempatan melihat secara langsung kegiatan-kegiatan pendampingan konservasi di YARI Ketapang, dengan melibatkan unsur-unsur masyarakat, Kamis (20/7/2023).

Adapun total peserta yang hadir dalam kegiatan pendampingan itu, sekitar 1.500 orang. Mereka dari kelompok masyarakat yang tergabung dalam komunitas The Power of Mama, Zwagery Generation, dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Hutan (PMDH).

Komunitas ini merupakan dampingan YIARI yang selama ini bekerja dan berkegiatan di ranah konservasi, pertanian berkelanjutan, dan pendidikan berwawasan lingkungan.

Selain itu, ada pula komunitas etnis dan budaya lokal di Ketapang, sebagai bagian dari mitra strategis YIARI dalam menggerakkan semangat menjaga hutan dan keanekaragaman hayati.

“Saya kagum pada anak-anak muda yang merelakan hidupnya untuk merawat satwa, dan terutama merawat orangutan,” kata Moeldoko.

“Saya melihat, ada anak perempuan yang semestinya bisa berbahagia di kota. Tetapi dia korbankan kehidupannya untuk menjaga orangutan berada di sini,” sambungnya.

Ia pun memuji dedikasi orang-orang yang bergerak di bidang konservasi dan lingkungan. Baginya, pengabdian itu sangat luar biasa.

“Kadang-kadang kita yang di Jakarta dan yang di kota-kota, tidak paham bahwa dari tangan merekalah lingkungan itu terjaga dengan baik,” ujar Moeldoko.

Karena itu, ia mengapresiasi upaya YIARI Ketapang dalam mengadvokasi kegaitan-kegiatan konservasi dan berhasil melibatkan masyarakat secara pro aktif.***

Abdul Halikurrahman
Abdul Halikurrahmanhttps://insidepontianak.com/redaksi/
Koordinator Liputan Insidepontianak.com
RELATED ARTICLES

Berita Populer