Kamis, Februari 22, 2024
BerandaPendidikanGubernur Narathiwat Thailand Kunjungi Unisma

Gubernur Narathiwat Thailand Kunjungi Unisma

MALANG, insidepontianak.com – Jajaki Peluang kerja sama, Gubernur Narathiwat Thailand, Sanan Phongakson bersama jajarannya di dinas pendidikan di provinsi dan kabupaten mengunjungi Universitas Islam Malang (Unisma), Senin (24/7/2023).

Penjajakan kerja sama awal ini melihat kampus di mana ada mahasiswa Thailand di sana. Di Unisma ada 14 mahasiswa Thailand. Satu di antaranya, mahasiswa dari Provinsi Narathiwat.

“Ini masih menginisiasi, nanti kami akan MoU dengan pemerintah daerah. Tadi, kan Gubernur membawa kepala dinas pendidikan. Selama ini, kerja sama kami dengan perguruan tinggi,” ujar Wakil Rektor 1 Unisma, Prof Junaidi Mistar PhD.

Menurutnya, dengan adanya MoU, maka pemuda lulusan Sekolah Menengah Akhir (SMA) di Thailand bisa meneruskan pendidikan tinggi di Unisma. 14 mahasiswa Thailand yang kuliah di Unisma ini berdasarkan beasiswa.

“Kalau kuota kita adalah 46 orang. Jadi per Prodi dua orang. Tapi kalau ingin kuliah mandiri di Unisma ya bebas sebanyak-banyaknya,” terangnya.

Lebih lanjut, untuk krieteria mendapatkan beasiswa adalah lulusan SMA. Jika ingin kuliah Fakultas Teknik, maka harus dari jurusan IPA.

“Kebetulan yang kuliah di Unisma itu dari Thailand selatan. Mereka cenderung berbahasa melayu yang mirip dengan bahasa Indonesia,” jelasnya.

Gubernur Narathiwat Thailand menyatakan tujuan kunjungannya untuk melihat lokasi pendidikan di Indonesia dimana mahasiswa Thailand menjalankan pendidikannya.

Selain ke Kota Malang, juga ke Probolinggo. Sehabis dari Unisma, rombongan bertemu dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang.

Dalam inisiasi kerja sama dengan Thailand, pemerintah setempat juga menawarkan dan memberikan kemudahan untuk mahasiswa Unisma melaksanakan magang.

Untuk itu, ke depan Unisma akan segera menindaklanjuti hal ini dengan kegiatan Memorandum of Understanding (MoU).***

Abdul Halikurrahman
Abdul Halikurrahmanhttps://insidepontianak.com/redaksi/
Koordinator Liputan Insidepontianak.com
RELATED ARTICLES

Berita Populer