Selasa, Maret 5, 2024
BerandaPolitikKalbar 1 Dapil Neraka, Ini Daftar Caleg Nama Besar yang akan Berebut...

Kalbar 1 Dapil Neraka, Ini Daftar Caleg Nama Besar yang akan Berebut Kursi Parlemen Senayan

PONTIANAK, insidepontianak.com – Pertarungan merebut kursi DPR RI dari daerah pemilihan atau dapil Kalbar 1, dipastikan sengit. Dapil ini disebut dapil ‘neraka’. Pasalnya, dihuni caleg-caleg bernama besar.

Ada mantan Gubernur, ketua umum partai politik, mantan Bupati, delapan caleg incumbent, hingga caleg dari kalangan pengusaha. Siapa-siapa mereka?

Berdasarkan daftar calon sementara atau DCS yang dirilis oleh laman infopemilu.kpu.go.mid, mantan Gubernur Kalbar dua periode, Cornelis kembali dicalonkan PDIP pada Pileg 2024 di dapil Kalbar 1 dengan nomor urut 1.

Sebagaimana diketahui, Cornelis juga petahana. Saat ini ia duduk di Komisi II DPR RI. Pada Pileg 2019, ia merupakan caleg dengan perolehan 285.797 suara.

Selain Cornelis, ada nama Maria Lestari, yang juga anggota DPR RI Fraksi PDIP dicalonkan kembali pada Pileg 2024 dapil Kalbar 1 dengan nomor urut 3.

Sementara itu, Golkar juga kembali memasang Maman Abdurahman. Ketua Komisi VII DPR RI itu terdaftar sebagai caleg DPR RI dapil Kalbar 1 dengan nomor urut 1.

Pada Pileg 2019, Maman berhasil melenggang ke senayan setelah berhasil meraih 108.520 suara pribadi ditambah suara partai sebanyak 191.127 suara.

Gerindra juga kembali mencalonkan caleg petahanya, Katherine A Oendon untuk dapil Kalbar 1 DPR RI pada Pileg 2024, dengan nomor urut 2.

Sama dengan Gerindra, PKB juga kembali mencalonkan caleg petahanya, Daniel Johan pada Pileg 2024 di dapil Kalbar 1 dengan nomor urut 1.

Pada Pileg 2019, Daniel Johan bergasil melenggang ke senayan dari dapil Kalbar 1 dengan meraih 56 ribu ditambah suara partai 151 ribu.

NasDem sendiri juga mencalonkan Syarif Abdullah Alkadrie sebagai caleg DPR RI dapil Kalbar 1 dengan nomor urut 1.

Anggota Komisi V DPR RI ini, pada pada Pileg 2019, meraih 75.188 suara pribadi ditambah suara partai sebanyak 148.103.

Sama dengan yang lain, PKS juga kembali mencalonkan caleg petahanya, Alifudin. Alifudin tercatat sebagai Caleg PKS nomor urut 1 Dapil Kalbar 1 pada Pileg 2024.

Kekuatan elektoral Alifudin juga tak diragukan. Pada Pileg 2019, ia tercatat meraih 45.516 suara pribadi ditambah suara partai sebanyak 147.968.

Sementara itu, PAN juga kembali mencalonkan Boyman Harun sebagai caleg DPR RI dapil Kalbar 1. Boyman terdaftar sebagai caleg nomor urut 2 dapil Kalbar 1 pada Pileg 2024.

Di Pileg 2029, Boyman melenggang ke senanyan setelah mendapat kursi terakhir dengan perolehan suara sebanya 35.910, ditambah suara partai sebanyak 128.280.

Penantang Petahana

Selain delapan nama petahana, sejumah nama besar juga tercatat di DCS KPU dapil Kalbar 1 yang siap menantang incumbent.

Pertama adalah Oesman Sapta Oedang atau Oso. Ketokohan Ketua Umum Partai Hanura ini di Kalbar tentu tak diragukan lagi. Kali ini ia dicalonkan sebagai caleg dapil Kalbar 1 dengan nomor urut 1.

Selain itu, ada juga nama mantan Wakil Wali Kota Singkawang, Irwan yang dicalonkan Hanura sebagai caleg DPR RI dapil Kalbar 1 dengan nomor urut dua.

PDIP juga punya nama besar caleg baru. Dia adalah Sukiryanto, yang kini menjabat sabagai Anggota DPD RI. Ia terdaftar sebagai caleg DPR RI dapil Kalbar 1 dengan nomor urut 2.

Sementara itu, PKB juga mencalonkan Anggota DPRD Kalbar, Irsan untuk maju pada Pileg 2024. Ia tercatat sebagai caleg nomor urut 2 dapil Kalbar 1.

Sedangkan pendatang baru datang dari Ketua DPD Partai Gerindra, Yuliansyah. Ia juga dipastikan akan ikut bertarung merebut kursi parlemen di senayan sebagai caleg dapil Kalbar 1 nomor urut 1.

Golkar juga tak ketinggalan mencalonkan nama-nama baru untuk Pileg 2024. Mayjen TNI Purn Rony, Mantan Danrem 121/ABW juga dicalonkan sebagai caleg dapil Kalbar 1 dengan nomor urut 5.

Adapula nama Denia Yuniarti Abdussamad, mantan Ketua HIPMI Kalbar sebagai caleg Golkar dapil Kalbar 1 dengan nomor urut tiga.

NasDem pun memasang wajah baru sebagai caleg DPR RI dapil Kalbar 1, dengan populatitas yang juga tak bisa diragukan. Dia adalah Deni Muslimin nomor urut lima, dan Fathan A Rasyid yang pernah mencalonkan diri menjadi Calon Wakil Gubernur Kalbar.

Nama mantan Bupati Sambas, Atbah juga dicalonkan PKS sebagai Caleg DPR RI Dapil Kalbar 1. Atbah mendapat nomor urut 2.

Tokoh muda Kalbar, yang juga Kepala Badan Komunikasi Strategis Partai Demokrat, Herzaky Mahendra Putra juga dicalonkan partai Demokrat pada Pileg 2024 dari dapil Kalbar 1. Herzaky mendapat nomor urut s1.

Selain Herzaky, Demokrat juga mencalonkan Anggota DPRD Kalbar, Affandie. Ia mendapat nomor urut 4. Sementara, Caleg nomor urut 3 Demokrat diisi pengacara kondang, Andel.

Di PSI, ada nama Mantan Kepala Dinas Pendidikan, Provinsi Kalimantan Barat, Alexius Axim dengan nomor urut 1 yang juga akan bertarung di dapil Kalbar 1.

Pada Pileg 2019, Akim juga nyaleg menggunakan perahu PDIP dan berhasil meraih 38 ribu suara. Perolehan suara itu sebenarnya cukup untuk mengantarkannya duduk di parlemen Ri. Namun, saat hendak dilantik, ia tiba-tiba dipecat partai.

Sementara itu, Perindo juga punya nama caleg DPR RI yang cukup kuat berkompetisi di dapil Kalbar 1. Salah satunya, Erma Ranik yang merupakan mantan Anggota DPR RI, dan mantan Ketua DPD Partai Demokrat Kalbar. Erma tercatat sebagai caleg DPR RI dari Perindo dengan nomor urut satu.

PPP pun tak kalah dengan figur bintang. Setelah absen memiliki Wakil di DPR RI pada Pileg 2019, partai berlambang Kakbah menurunkan sejumah nama mentereng untuk dicalonkan pada Pileg 2024 dapil Kalbar 1.

Mereka adalah Sekretaris DPW PPP, Miftah yang juga anggota DPRD Kalbar dapil Ketapang-Kayong Utara. Miftah diketahui mendapat nomor urut satu di partai PPP.

Selain Miftah, nama mantan Wakil Bupati Sambas, Hairiah juga dicalonkan menjadi Caleg DPR RI dapil Kalbar 1. Hairiah mendapat nomor urut dua.

Selain Hairiah, Anggota DPRD Kota Pontianak, Widodo juga dicalonkan sebagai Caleg DPR RI dapil Kalbar 1. Widodo diketahui mendapat nomor urut empat. Inilah dengan caleg dengan nama-nama besar penghuni Dapil Kalbar 1 yang akan berebut kursi Parlemen senayan. (Andi)***

Abdul Halikurrahman
Abdul Halikurrahmanhttps://insidepontianak.com/redaksi/
Koordinator Liputan Insidepontianak.com
RELATED ARTICLES

Berita Populer