Selasa, Maret 5, 2024
BerandaLingkunganBKSDA Kalbar Sebut Sudah Ada Rekomendasi KLHK Tutup Sinka Zoo

BKSDA Kalbar Sebut Sudah Ada Rekomendasi KLHK Tutup Sinka Zoo

PONTIANAK, insidepontianak.com – Kepala BKSDA Kalbar, Wiwied Widodo meyebut, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan atau KLHK sudah memberi rekomendasi untuk mengevaluasi dan menutup kebun binatang Sinka Zoo, karena tercatat beberapa kali terjadi insiden hingga menyebabkan korban jiwa.

Namun eksekusi rekomendasi itu belum bisa dilakukan sekarang. BKSDA meminta tenggat waktu hingga akhir tahun ini.

Alasannya, karena masih mencari lembaga konservasi dan kebun binatang untuk menampung satwa-satwa yang sudah tak bisa dilepasliarkan.

“InsyaaAllah tahun ini,” terang Wiwied Widodo, Jumat (25/8/2023).

Menurutnya, akhir Juni lalu, BKSDA sudah menyampaikan kondisi Sinka Zoo dan dua kebun binatang lainnya, yang saat ini sudah ditutup dan sudah ada rekomendasi dari KLHK dan Perkumpulan Kebun Binatang Seluruh Indonesia untuk melakukan evaluasi dan menutup Sinka Zoo.

“Tapi, langkah ini tak serta merta dilakukan karena ada satwa yang harus dipindahkan. Satwa yang ada harus dipindahkan ke lembaga konservasi dan kebun binatang,” katanya.

Wiwied memastikan, pihaknya sudah bersurat ke lembaga konservasi dan kebun binatang seluruh Indonesia meminta satwa di Sinka Zoo bisa dipindahkan.

“Misalnya ragunan siap, BKSDA punya dokter beruang kurus saya bisa bawa ke sana. Termasuk buaya yang kurus bisa kita evakuasi ke sana,” pungkasnya. (Andi)***

Abdul Halikurrahman
Abdul Halikurrahmanhttps://insidepontianak.com/redaksi/
Koordinator Liputan Insidepontianak.com
RELATED ARTICLES

Berita Populer