Minggu, Maret 3, 2024
BerandaKalbarSanggauDinas Lingkungan Hidup Sanggau Gelar Pelatihan Pemanfaatan Barang Bekas

Dinas Lingkungan Hidup Sanggau Gelar Pelatihan Pemanfaatan Barang Bekas

SANGGAU, insidepontianak.com — Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sanggau menggelar Pelatihan Pemanfaatan Barang Bekas di rumah Pegiat Sampah Sungai Kosak, Kelurahan Sungai Sengkuang, Kecamatan Kapuas.

Ketua Panitia Pelaksana kegiatan Sumardi, menerangkan bahwa kegiatan sebagai upaya untuk meningkatkan pengetahuan para pegiat sampah yang ada di Sanggau.

Dengan dasar kegiatan ialah Dokumen Pelaksanaan Anggaran Satuan Kerja Perangkat Daerah (DPA SKPD) tahun anggaran 2023 dan anggaran kegiatan bersumber dari APBD Kabupaten Sanggau tahun 2023.

Lanjutnya, peserta kegiatan Pelatihan Pemanfaatan Barang Bekas ini di khususkan untuk para pegiat sampah, yang terdiri dari Bank Sampah PKBM Desa Nusantara, Pemilah Sampah TPA Sungai Kosak dan Peramu Kebersihan.

Keseluruhan ada 25 orang peserta yang ikut terlibat aktif dalam kegiatan pelatihan tersebut.

“Kegiatan kita ini melibatkan 25 orang peserta yang terdiri dari teman-teman Bank Sampah PKBM Desa Nusantara, Pemilah Sampah TPA Sungai Kosak dan para peramu saji,” ungkap Sumardi di Rumah Pegiat Sampah Sungai Kosak.

Selain itu, Agus Sukanto Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sanggau dalam sambutannya menerangkan bahwa anggapan masyarakat terkait sampah ialah suatu barang yang sudah tidak memiliki arti.

Sehingga, masyarakat tidak pernah berpikir kembali untuk memanfaatkan kembali sampah atau mendaur ulang nya.

“Pada kesempatan ini saya mengajak untuk kita semua untuk memanfaatkan kembali barang bekas dan mendaur ulangnya sehingga menjadi barang yang mempunyai nilai kembali,” kata Agus Sukanto.

Agus menambahkan bahwasanya dengan kreatifitas dan motivasi yang kuat sampah yang sudah tidak berharga bisa menjadi barang yang bernilai.

Dia berharap kepada seluruh peserta dapat menyerap ilmu sebanyak-banyaknya dari para Narasumber yang memberikan pelatihan sehingga ilmu yang saat ini dimiliki bisa ter-upgrade.

Pihaknya sangat mendukung adanya kegiatan pelatihan pemanfaatan barang bekas untuk memilah sampah ini.

Potensi sampah yang cukup besar di Kabupaten Sanggau kalau tidak dilakukan pengelolaan dengan baik dan benar akan menjadi masalah dikemudian hari.

“Untuk itu saya berharap peserta kegiatan ini mencerna dan memperhatikan apa yang di sampaikan oleh narasumber kita,” tutupnya. (ans)

RELATED ARTICLES

Berita Populer