Sabtu, Februari 24, 2024
BerandaGaya HidupKulinerSelain Dibakar, Ikan Jelawat Goreng Juga Nikmat: Ini Resep dan Cara Membuatnya

Selain Dibakar, Ikan Jelawat Goreng Juga Nikmat: Ini Resep dan Cara Membuatnya

MEDAN, insidepontianak.com – Ikan jelawat bakar mungkin sudah begitu dikenal sebagai menu yang menggiurkan. Tapi, cobalah ikan jelawat goreng, rasanya tak kalah nikmat. Pun, membuatnya tidak repot.

Pun, duri-duri halus dari ikan jelawat cenderung garing dalam menu ikan jelawat goreng. Dan, tentu akan bertambah nikmat jika dipadukan dengan sambal yang pedas dan segar.

Memang, ikan jelawat goreng cenderung kalah populer dengan bakar. Tapi, rasa nikmat dari daging ikan jelawat yang manis tentu membuat menu goreng tak kalah enak.

Yang jelas, melansir baramatour.co.id dan cookpad.com, Sabtu (23/9/2023) jelawat adalah ikan endemik yang hidup di sungai-sungai di Kalimantan. Di Kalimantan Tengah, ikan ini bahkan sudah menjadi ikon.

Terkhusus Kota Sampit, Kotawaringin Timur, ikan jelawat bahkan menjadi ikon kota, tugunya dibangun besar di tepi Sungai Mentaya.

Tekstur ikan jelawat ini lembut dan empuk. Rasa dagingnya cenderung manis. Meski begitu, ikan ini memiliki duri-duri halus di dalam daging sehingga perlu hati-hati untuk memakannya.

Namun, duri-duri itu bisa saja rapuh jika digoreng garing. Artinya, ikan jelawat goreng memiliki kelebihan tersendiri bagi Anda yang ingin mencoba menu lain selain ikan jelawat bakar.

Begitupun, sejatinya ikan jelawat ini cenderung gampang dimasak karena bisa dimasak dengan cara apapun dengan bumbu yang beragam.

Misalnya, menu olahan seperti tu’up jelawat, yakni ikan yang dimasak dengan ditumis dengan racikan bumbu yang pas. Kuah kuningnya yang khas meski sederhana, digemari oleh banyak wisatawan.

Selain dimasak tu’up, jelawat dapat diolah sebagai sup maupun gulai karena tekstur dagingnya yang manis, padat, dan lembut.

Nah, berikut resep dan cara membuat ikan jelawat goreng yang sedikit ribet:

Bahan

  • 1/2 kg ikan jelawat
  • 1 sdt lada bubuk
  • 1 sdt ketumbar bubuk
  • 1 sdm garam
  • 1 sdt gula halus
  • 1 ruas kunyit geprek
  • 1 ruas jahe geprek
  • 1 batang serai geprek
  • 1 buah jeruk sambal
  • Penyedap rasa (sesuai selera)

Cara Membuat

  1. Bersihkan ikan jelawat dan belah ikan sesuai selera, bisa juga dibiarkan utuh
  2. Seluruh bumbu dicampur menjadi satu dan balurkan pada ikan jelawat. Diamkan 10 menit
  3. Agar bumbu lebih meresap, ikan dapat dikukus atau dipepes menggunakan daun pisang (aroma lebih segar). Kukus hingga setengah matang (Lakukan hal ini bila dianggap perlu)
  4. Setelah setengah matang, goreng ikan jelawat hingga kering, gunakan api sedang
  5. Setelah ikan matang, tiriskan dan sajikan dengan tomat segar, timun, dan cabai merah besar yang di goreng (sebagai penghias, jika perlu)
  6. Akan lebih nikmat dicocol dengan sambal

Demikian informasi soal ikan jelawat goreng, ikon wisata kuliner di Kalimantan Tengah yang nikmat. Semoga bermanfaat. (Adelina). ***

RELATED ARTICLES

Berita Populer