Minggu, Maret 3, 2024
BerandaGaya HidupKulinerMandai Tumis, Lauk Alternatif Penggugah Selera: Ini Resep dan Cara Membuatnya

Mandai Tumis, Lauk Alternatif Penggugah Selera: Ini Resep dan Cara Membuatnya

MEDAN, insidepontianak.com – Mandai tumis adaah salah satu varian menu yang berbahan mandai atau fermentasi kulit cempedak di Kalimantan. Kuliner ini adalah lauk alternatif yang sangat menggugah selera.

Bagaimana tidak menggugah selera, selain dimasak dengan berbagai bumbu, mandai tumis bertekstur seperti daging. Itulah sebab lauk ini menjadi suatu alternatif yang recommended.

Dikatakan alternatif karena lauk pembangkit selera ini bisa dimasak dengan berbagai cara. Selain mandai tumis, juga dikenal mandai goreng maupun mandai gulai atau berkuah santan.

Melansir budaya-indonesia.org, Selasa (3/10/2023), mandai atau manday adalah salah satu jenis lauk alternatif dari daerah Kalimantan Selatan.

Mandai disebut juga dengan mandai basang. Orang Banjar biasanya menyebut makanan dari kulit cempedak ini dengan mandai tetapi ada juga yang menyebutnya dengan dami.

Umumnya buah cempedak hanya diambil bagian daging buahnya saja, dengan cara dimakan langsung atau diolah menjadi gorengan, sedangkan bagian kulit dan bijinya dibuang.

Nah, kulit buah cempedak yang difermentasi inilah yang disebut mandai. Untuk membuat mandai sangatlah mudah, pertama-tama pilihlah buah cempedak yang matang, kemudian kulit bagian luar buah cempedak dikupas.

Lalu, keluarkan isinya hingga tersisa kulit bagian dalam yang berwarna putih kekuningan, potong-potong kulit tersebut. Setelah itu dilumuri dengan garam dan disimpan ke dalam toples, atau bisa juga direndam dengan air garam.

Mandai yang sudah tersimpan di dalam toples mampu bertahan hingga lebih dari satu tahun karena garam yang berfungsi sebagai pengawet, semakin banyak garam maka semakin lama mandai bisa bertahan.

Rasa mandai gurih dilidah dan saat digigit layaknya daging, menjadi alternatif pengganti lauk makan. Ditambah lagi, aromanya yang begitu unik membuat selera makan makin bertambah.

Salah satu olahan mandai yang mendapat banyak perhatian adlah mandai tumis. Berikut resep dan cara membuatnya secara umum seperti dilansir cookpad.com, Selasa (3/10/2023):

Bahan

  • 250 gram mandai
  • 5 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 20 biji cabai rawit merah
  • 1 buah tomat
  • 1 sachet terasi
  • 1 bungkus penyedap rasa
  • Secukupnya gula
  • Secukupnya garam
  • Kecap manis
  • Minyak untuk menggoreng
  • 1 gelas kecil Air

Cara Membuat

  1. Cara membuat mandai: kupas kulit cempedak bagian hijaunya, sisakan bagian putih dan dalamnya. Potong kotak besar. Rendam air garam selama 3 hari
  2. Peras mandai dan cuci dengan air bersih. Potong kecil-kecil dan goreng kurang lebih selama 5 menit. Angkat dan tiriskan
  3. Iris bawang merah, bawang putih, cabai, dan tomat
  4. Panaskan minyak di wajan, masukkan irisan bumbu sampai harum. Masukkan terasi, aduk sampai harum bau terasi
  5. Masukkan mandai yangg sudah digoreng, aduk-aduk beberapa saat, masukkan air, penyedap rasa, gula, garam, dan kecap
  6. Aduk-aduk sampai mendidih dan kuah menyusut. Tes rasa. Angkat setelah tumisan mandai terlihat mengkilap
  7. Mandai tumis siap disajikan

Demikian soal mandai tumis, lauk alternatif yang sangat menggugah selera. Semoga bermanfaat. (Adelina). ***

RELATED ARTICLES

Berita Populer