Senin, Februari 26, 2024
BerandaKalbarMempawahBupati Mempawah Erlina Norsan Hadiri Seminar Lingkungan Kabupaten Lestari

Bupati Mempawah Erlina Norsan Hadiri Seminar Lingkungan Kabupaten Lestari

JAKARTA, insidepontianak.com – Kerja sama APKASI dan Koalisi Ekonomi Membumi (KEM).

Seminar Tantangan Pembangunan Daerah Ditengah Fenomena Perubahan Iklim, Ancaman Bencana Lingkungan dan Upaya Investasi Lestari digelar.

“Seminar ini bertujuan untuk mengintegrasikan isu lingkungan hidup dan ancaman bencana alam ke dalam rumusan isu strategis dan permasalahan pembangunan,” ungkap Bupati Mempawah, Erlina.

Menurutnya salah satu tantangan besar yang dihadapi dalam penyediaan pangan akibat perubahan iklim, karena sadar situasi saat ini berpengaruh terhadap pertanian dan ketahanan pangan di hampir seluruh wilayah Indonesia.

“Cuaca yang selalu berubah berpotensi menimbulkan bencana alam seperti banjir, kekeringan hingga kebakaran lahan,” jelasnya.

Maka dari itu penting untuk mengadopsi teknik dan teknologi pertanian yang ramah lingkungan, serta peningkatan infrastruktur irigasi untuk meminimalisir dampak perubahan iklim.

“Di sini penting untuk memperkuat kolaborasi pemerintah dengan berbagai pihak dan elemen masyarakat untuk memperkokoh sistem pertanian yang tangguh,” tutup Erlina. ***

RELATED ARTICLES

Berita Populer