Minggu, Maret 3, 2024
BerandaPendidikanWisuda Unisma Malang ke-7, Kukuhkan Tokoh-tokoh Berpengaruh 2023

Wisuda Unisma Malang ke-7, Kukuhkan Tokoh-tokoh Berpengaruh 2023

MALANG, insidepontianak.com – Rapat senat terbuka menandai pelepasan 1.337 wisudawan Universitas Islam Malang (Unisma) periode ke-71 tahun 2023 digelar.

Kegiatan berlangsung pada Jumat – Sabtu (20-21/10) dengan empat Program Studi (Prodi), diantaranya 10 program sarjana, program profesi dokter, program magister dan program doktor.

Dari 1.337 wisudawan yang dikukuhkan, ada enam calon wisudawan terbaik mewakili Prodi masing-masing.

Salah satunya, KH Marzuki Mustamar, yang mendapatkan gelar Doktor. Ketua PWNU Jatim ini, menyelesaikan studi hampir enam semester. Dengan IPK 3,81 dengan predikat pujian.

Untuk menyelesaikan pendidikan S3-nya, KH Marzuki membuat karya “Pemikiran Prof. Dr. KH. Muhammad Tholchah Hasan, dalam Pengembangan Pendidikan Islam Multikultural”.

Rektor Unisma, Prof. Dr. H. Maskuri, M.Si., menyebut, pelaksanaan wisuda kali ini sangat istimewa karena melibatkan beberapa tokoh terhormat.

Selain KH Marzuki Mustamar, juga ada Rais Syuriah Kabupaten, Kiai Zainal Arifin dan beberapa pejabat yang menyelesaikan pendidikan S2 dan S3.

“Wisuda kali ini terasa istimewa karena ada tokoh yang kita wisuda. Misalnya KH Marzuki Mustamar, termasuk juga Rais Syuriah Kabupaten Kiai Zainal Arifin. Bisa jadi juga ada beberapa pejabat di S2 dan S3 yang lain,” ujar Prof. Maskuri.

Selain itu, wisuda kali ini merupakan kali pertama Unisma menyelenggarakan setelah salat Jumat.

Biasanya wisuda dilaksanakan Sabtu dan Minggu. Rektor menjelaskan, pelaksanaan wisuda pada Jumat memberikan keistimewaan tersendiri, karena merupakan hari mulia setelah ibadah salat Jumat.

Untuk banyaknya tokoh yang memilih Unisma sebagai tempat pendidikan mereka, Prof. Maskuri menyebut disebabkan oleh reputasi yang kokoh serta keberhasilan Unisma, dalam menghasilkan lulusan yang berkualitas. Baik di tingkat nasional maupun internasional.

“Mereka melihat Unisma saat ini bukan lagi perguruan tinggi ecek-ecek. Banyaknya tokoh hadir di sini karena melihat Unisma memiliki kemampuan untuk memberikan kontribusi pada mereka. Bukan sekedar sebagai PTNU papan atas tapi kancah nasional maupun dunia,” sebutnya.

Rektor juga mengungkapkan, banyak lulusan Unisma yang telah bekerja sebelum lulus di berbagai bidang.

Baik di Badan Usaha Milik Negara (BUMN), maupun perusahaan swasta. Banyak lembaga yang mengirim surat permohonan lulusan Unisma, terutama lulusan S2 dan S3.

Dengan prestasi yang diraih KH Marzuki Mustamar, diharapkan dapat memberikan inspirasi dan motivasi bagi masyarakat. Khususnya dalam pengembangan pendidikan Islam yang multikultural.

“Unisma juga berkomitmen, untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan dan kontribusinya dalam berbagai bidang,” tandasnya.

Dalam wisuda Unisma di periode ini, diketahui terdapat 1.337 wisudawan. Terbagi menjadi 68 lulusan Fakultas Pertanian, 109 lulusan Fakultas Ilmu Administrasi, 255 lulusan Fakultas Ekonomi dan Bisnis, 57 lulusan Fakultas Kedokteran, 49 lulusan Fakultas MIPA, 15 lulusan Fakultas Peternakan.

Selain itu juga 197 lulusan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 36 lulusan Fakultas Hukum, 234 lulusan Fakultas Agama Islam, 127 lulusan Fakultas Teknik, satu lulusan Program Doktor, 147 lulusan Program Magister dan 42 lulusan Program Profesi Kedokteran. (r/***)

RELATED ARTICLES

Berita Populer