Kamis, Februari 22, 2024
BerandaNasionalPercakapan Makan Siang Capres dengan Presiden: Bakalan ada Makan Siang 3 Cawapres...

Percakapan Makan Siang Capres dengan Presiden: Bakalan ada Makan Siang 3 Cawapres dengan Wapres?

PROBOLINGGO, insidepontianak.com – Undangan makan siang 3 Calon Presiden (Capres) dengan Jokowi berjalan dengan lancar. Suasana di dalam ruangan pun terlihat meriah, tidak ada gelagat meruncing di antara mereka.

Memang benar, Jokowi dengan sengaja mengajak 3 Capres yang akan bertanding di Pilpres 2024 nanti untuk makan siang. Acara ini dihelat tanpa pandang bulu, seluruhnya hadir dengan pakaian kompak.

Acara makan siang yang diadakan oleh Jokowi dengan 3 Capres ini berlangsung di Istana Kepresidenan, pada Senin (30/10) siang hari. Percakapan di sekitar meja makan pun terdengar sangat rukun dan penuh gelagak tawa.

Setelah acara tersebut telah usai, masing-masing dari 3 capres nampak berfoto bergandengan tangan sambil mengepal ke arah atas. Sontak para awak media yang ikut hadir langsung mengabadikan momen tersebut.

Barulah kemudian, kesemua Capres ini menyusuri jalan pulang masing-masing. Di pertengahan langkah kakinya, masing-masing dari mereka menceritakan percakapan yang terjadi di meja makan.

  1. Prabowo Ucapkan Terimakasih.

Kesan pertama bagi Capres Prabowo Subianto saat menghadiri acara makan siang ini, dinilai sangat menyimpan nilai positif.

Oleh sebab itu, dia sangat berterima kasih kepada Jokowi karena telah mengundang para Capres untuk hadiri. Bagi dirinya sendiri, momen seperti itu sangat langka terjadi.

Bisa dikatakan, bila tidak diundang makan siang di Istana Kepresidenan, ketiga Capres tersebut besar kemungkinan tidak akan duduk bersama.

“Terima kasih diundang, kalau nggak diundang kita jarang bisa ngumpul ya,” kata Prabowo, pada Senin (30/10).

  1. Ganjar: Bakal Ada Makan Siang Wapres dan 3 Cawapres.

Di lain pihak, Ganjar memberikan sedikit bocoran terkait agenda makan siang bersama antara 3 Cawapres dan Wapres, Ma’ruf Amin.

Hal itu didengar langsung olehnya saat makan siang bersama dengan Jokowi. Dia pun langsung menyebarkannya saat dikerubungi oleh wartawan.

“Kalau nggak salah besok ada undangan cawapres akan bertemu dengan wapres,” beber Ganjar Pranowo, pada Senin (30/10).

Untuk waktu tepatnya, Ganjar tidak merinci mengenai jam berapa tepatnya Wapres Ma’ruf Amin akan makan bersama dengan ketiga Cawapres.

“Ya nggak tahu, biar diatur. Saya cuma dikomunikasikan,” kata Ganjar.

  1. Anies Sampaikan Harapan Netralitas.

Berbeda dengan tanggapan para Capres sebelumnya kepada awak media. Calon Presiden Anies Baswedan sedikit menyampaikan beberapa percakapan ketika sedang menyantap hidangan makan siang.

Menurut pengakuannya, dia telah menyampaikan pesan dari orang-orang yang sangat mencintai Jokowi. Mereka meminta untuk memberitahukan Presiden RI ke-7 agar penyelenggara Pemilu bersikap netral ketika menghadapi Pilpres 2024.

“Kami sering bertemu banyak orang-orang yang sayang sama Pak Presiden dan mereka yang sayang ini menitipkan pesan Pak Presiden bisa menjaga netralitas dan menegaskan seluruh aparat untuk menjaga netralitas Pilpres Pemilu,” ucap Anies setelah mengikuti makan siang di Istana Kepresidenan, Senin (30/10).

Pesan yang disampaikan oleh Anies ini mendapat respon baik dari Jokowi. Berdasarkan ceritanya, Presiden telah mengumpulkan PJ Kepala Daerah, dan akan mengumpulkan personel TNI-Polri untuk mengawal Pilpres dengan lancar dan damai.

“Tadi beliau sampaikan, beliau memang mengumpulkan Penjabat Gubernur, Bupati bahkan akan mengumpulkan TNI-Polisi dan semua aparat-aparat untuk netral,” ucapnya.

Bagi Anies sendiri, dia sangat yakin bahwa Pemilu akbar yang bakalan terjadi di tahun 2024 mendatang akan dilakukan secara damai dan netral.

“Kami melihat itu adalah pesan penting yang bisa membuat Pilpres kita besok berjalan aman damai karena seluruh unsur penyelenggara menunjukkan sikap netral, profesional,” ucapnya.

Tidak hanya itu saja, dia mengaku ketika Jokowi mendengar pesan yang disampaikannya menanggapi dengan respon yang sangat positif.

“Beliau merespons positif, baik, sehingga diskusi kita tadi lancar,” sambungnya.

Acara makan siang yang dihadiri oleh 3 Capres ini berjalan satu jam. Undangan tersebut mulanya dijadwalkan pukul 12.00 sampai 13.00 WIB.

Namun, ketiganya nampak bersama di depan meja makan bundar yang juga diikuti oleh Jokowi tepat pada pukul 12.30 WIB. Acara makan siang ini dipenuhi dengan keguyuban, masing-masing dari mereka bertukar sapa dengan santun. (Dzikrullah) ***

RELATED ARTICLES

Berita Populer