Sabtu, Februari 24, 2024
BerandaGaya HidupKulinerIga Dinosaurus Raja Uduk Pontianak, Rasa Nampol dengan Bumbu Bakar Khas Melayu

Iga Dinosaurus Raja Uduk Pontianak, Rasa Nampol dengan Bumbu Bakar Khas Melayu

PONTIANAK, insidepontianak.com – Kuliner yang satu ini, namanya saja sudah unik: Iga Dinosaurus. Dari namanya, kebayang porsinya pasti jumbo. Menu ini menjadi andalan di rumah makan Raja Uduk Pontianak.

Di buku menu, Iga Dinosaurus tertulis Tulang Rusuk Ku. Katanya, menu ini paling laris. Karena, selain namanya yang bikin penasaran, rasanya juga dijamin buat lidah ketagihan.

Maka, tak heran, para pelancong dari luar Kalimantan Barat yang mampir di Raja Uduk Pontianak, pasti pesan menu andalan ini.

Riki Irfan, Manager Raja Uduk mengatakan, Iga Dino memang menjadi menu wajib di Raja Uduk Pontianak, dengan bumbu bakar khas melayu. Menu ini juga disajikan dengan porsi besar.

“Berawal dari ide kami yang ingin ada inovasi baru dan menarik pelanggan, tapi tentu dengan racikan kami sendiri,” ujar Riki.

Iga Dino ini merupakan bagian iga sapi yang diungkep selama 11 jam, dengan bumbu pilihan.

Setelah diungkap selama 11 jam, iga kemudian dibakar bersama bumbu kecap, mentega, bawang, dan bumbu lainnya. Proses ungkep yang lama membuat iga yang disajikan terasa empuk dan bertekstur.

Pemilik lebih memilih iga dimasak secara manual dibanding fresto, agar rasanya bisa lebih alami dan tekstur tidak terlalu alot.

Bumbu yang digunakanpun semua asli dari Pontianak, mulai dari bumbu ungkap kuning, hingga bumbu bakar.

Selain itu ukuran menu Iga Dino ini juga bervariasi dari mulai M, L, hingga XL. Untuk ukuran XL bisa mencapai 1,5 meter, porsi besar yang cocok dimakan bersama keluarga ataupun sahabat.

Harga yang disajikan juga bervariasi. Mulai Rp65 ribu hingga Rp200 ribu. Menu Iga Dinosaurus disajikan dengan nasi panas.

Topping potongan cabai rawit, jeruk sambal, dan tomat menjadi perpaduan kesegaran dengan rasa smoki iga bakar. Selain itu, ada juga sambal terasi yang disediakan di setiap meja.

Sebagai penambah cita rasa iga bakar, sambal ini menjadi makanan pelengkap rasa pedas dari bakaran iga tersebut.

Raja Uduk kini menyajikan makanan khas Melayu Pontianak dengan sajian yang dekat dengan segala usia, baik anak muda hingga dewasa.

“Saat ini Raja Uduk mempunya banyak menu besr seller yaitu Iga Dino, Sop Stengkel, Sate Koyor, Iga Gondrong, dan sebagai penetral ada es timun lemon dan kelapa,” ujar Riki.

Sebagai pecinta per-iga-an, Raja Uduk cocok sebagai pilihan destinasi wisata makanan Pontianak. (Ayu)***

Abdul Halikurrahman
Abdul Halikurrahmanhttps://insidepontianak.com/redaksi/
Koordinator Liputan Insidepontianak.com
RELATED ARTICLES

Berita Populer