Sabtu, Februari 24, 2024
BerandaGaya HidupKulinerResep Tumis Tempe Kacang Panjang, Sederhana, Cepat, dan Lezat

Resep Tumis Tempe Kacang Panjang, Sederhana, Cepat, dan Lezat

SINJAI, insidepontianak.com – Tumis Tempe Kacang Panjang, dengan kekayaan nutrisi dan cita rasanya yang khas, seringkali menjadi bahan favorit dalam berbagai hidangan.

Kali ini, mari kita temukan kesempurnaan cita rasa dalam perpaduan tumisan tempe yang renyah dengan kacang panjang yang segar.

Keistimewaan dari resep tumis tempe kacang panjang ini tak hanya terletak pada kesederhanaan penyajiannya. tetapi juga pada sejumlah faktor lain yang membuat Tumis Tempe Kacang Panjang menonjol di antara hidangan sehari-hari

  1. Kombinasi Nutrisi yang Seimbang

Tempe menjadi umber protein nabati yang kaya akan nutrisi seperti vitamin B, zat besi, dan kalsium.

Sementara Kacang Panjang, Mengandung serat, vitamin C, vitamin A, dan mineral yang baik untuk kesehatan pencernaan dan sistem kekebalan tubuh.

  1. Cita Rasa Yang Memikat

Perpaduan Tempe dan Kacang Panjang: Keduanya memberikan tekstur yang berbeda, tempe yang gurih dan kacang panjang yang lembut, memberikan dimensi rasa yang menarik.

Bumbu-bumbu Aromatik: Aroma dan rasa yang dihasilkan dari bawang, cabai, dan bumbu-bumbu lainnya memberikan karakter yang kuat dan kaya pada hidangan.

  1. Kecocokan Waktu dan Kesiapan Cepat

Sederhana dan Cepat: Dengan bahan yang mudah didapat dan langkah-langkah yang tidak rumit, hidangan ini cocok untuk dihidangkan dalam waktu singkat, sempurna untuk waktu sibuk sehari-hari.

Kreativitas Dalam Penyajian: Meskipun sederhana, resep ini memungkinkan untuk variasi tambahan sesuai selera, misalnya, tambahan sayuran lain atau bumbu lain yang dapat disesuaikan dengan preferensi masing-masing.

  1. Kesehatan dan Kehematan

Pilihan Hidangan Sehat: Menggunakan bahan-bahan alami dan minim pengolahan menjadikan hidangan ini pilihan sehat bagi yang peduli akan asupan makanan sehari-hari.

Hemat dan Ramah Anggaran: Memanfaatkan bahan-bahan yang terjangkau dan mudah didapat, membuat hidangan ini menjadi pilihan yang ramah di kantong.

  1. Fleksibilitas

Varian Personalisasi: Meskipun resep ini sudah lezat dengan bahan utama tempe dan kacang panjang, ada ruang untuk menambahkan varian lain sesuai selera, seperti tahu, jamur, atau jenis sayuran lainnya.

Resep tumis tempe kacang panjang tidak hanya tentang rasa yang enak, tetapi juga tentang keseimbangan nutrisi, kemudahan dalam penyajiannya, dan fleksibilitas dalam kreasi masakan sehari-hari.

Keistimewaan ini menjadikan resep ini sebagai pilihan favorit untuk hidangan sehari-hari yang lezat dan bergizi.

Resep ini sederhana, namun menghadirkan kelezatan yang tak terbantahkan.

Bahan-bahan:

  • Tempe (150g) , potong ukuran 3 x 1 x 1 cm
  • Minyak goreng
  • Bawang merah (8 butir) , iris halus
  • Bawang putih (4 siung) , iris halus
  • Lengkuas (2 cm) , memarkan
  • 1 sdm ebi
  • Cabai merah besar (2 buah) , iris serong tipis
  • Kacang panjang (500g) , potong 4 cm
  • ½ sdt garam
  • ½ sdt kaldu jamur
  • ¼ sdt gula pasir
  • 100 ml air

Cara Membuat:

  1. Goreng Tempe

Panaskan minyak dalam wajan. Goreng tempe hingga matang dan berwarna kecokelatan. Tiriskan dan sisihkan.

  1. Tumis Bumbu

Gunakan 3 sdm minyak sisa dari menggoreng tempe. Tumis bawang merah, bawang putih, lengkuas, dan ebi hingga harum. Tambahkan irisan cabai merah besar, aduk rata.

  1. Masukkan Kacang Panjang

Masukkan potongan kacang panjang ke dalam tumisan bumbu. Tambahkan garam, kaldu jamur, gula pasir, dan air. Aduk rata dan masak hingga kacang panjang matang serta cairan menyusut.

  1. Sajikan dengan Tempe

Angkat tumisan kacang panjang dan sajikan segera bersama tempe goreng.

Blansir Kacang Panjang, Untuk mendapatkan warna hijau yang lebih cerah pada kacang panjang, blansir (rebus sebentar) kacang panjang terlebih dahulu sebelum menggunakan dalam tumisan.

Kenikmatan Sederhana dalam Masakan Sehari-hari

Resep tumis tempe kacang panjang ini tidak hanya memberikan kelezatan dalam setiap suapannya tetapi juga mudah disiapkan dalam waktu singkat.

Perpaduan tempe yang gurih dengan kelembutan kacang panjang dalam bumbu yang meresap akan menjadi sajian yang memukau bagi seluruh keluarga.

Semoga cita rasa yang dihasilkan menggugah selera Anda dalam menyajikan hidangan yang lezat dan bergizi!(Zumardi IP)***

RELATED ARTICLES

Berita Populer