Senin, Februari 26, 2024
BerandaKalbarSanggauMomentum Milad ke-111, Muhammadiyah Sanggau Gelar Aksi Sosial dan Pelayanan Kesehatan

Momentum Milad ke-111, Muhammadiyah Sanggau Gelar Aksi Sosial dan Pelayanan Kesehatan

SANGGAU, insidepontianak.com – Pengurus Daerah (PD) Muhammadiyah Kabupaten Sanggau melakukan aksi sosial dan pelayanan kesehatan masyarakat.

Kegiatan dilakukan dalam momentum Milad Muhammadiyah ke 111 dengan tema ‘Ikhtiar Menyelamatkan Semesta’ di Lingkungan Pudu, Kelurahan Beringin, Kecamatan Kapuas, Kabupaten Sanggau, Sabtu (18/11/2023).

Adapun kegiatan aksi sosial yang dilaksanakan yaitu,  pengobatan dan pemeriksaan kesehatan, konsultasi gizi anak, khitanan atau sunatan, dengan bekerja sama dengan Rumah Sakit Sentra Medika Sanggau dan Ikatan Dokter Indonesia Sanggau.

Kemudian pembagian 35 paket sembako oleh Lembaga Amil Zakat, Infak dan Sedakah Muhammadiyah (Lazizmu).

Ketua PD Muhammadiyah Kabupaten Sanggau Muhammad Hasbi dalam sambutannya mengatakan, seluruh rangkaian kegiatan milad Muhammad ke-111 ini dalam rangka menjalankan aktifitas gerakan Dakwah Islam Amar Ma’ruf Nahi Munkar.

“Memantapkan langkah pergerakan Muhammadiyah Kabupaten Sanggau memasuki abad kedua Muhammadiyah dengan menggembirakan Dakwah Muhammadiyah guna meningkatkan syi’ar Islam dan persyarikatan,” kata Hasbi.

Hasbi mengungkapkan, mengusung tema “Ikhtiar Menyelamatkan Semesta”, menggambarkan bagaimana peran muhammadiyah dalam menghadapi tantangan zaman, perubahan sosial dan perubahan iklim yang terjadi di bumi mengarah ke hal negatif.

Untuk itu, mummadiyah mengajak seluruh element masyarakat untuk proaktif dan bersama-sama menjaga, merawat dan memakmurkan bumi.

“Kondisi bumi saat ini telah banyak mengalami perubahan yang luar biasa, diantaranya menyebabkan kerusakan dan kemudian menimbulkan bencana bagi kita manusia. Karenanya, muhammadiyah mengajak kita semua untuk kemudian melakukan gerakan yang memulihkan bumi kita ke arah yang lebih baik,” ungkapnya.

“Diantara kerusakan dan bencana yang kita hadapi adalah akibat dari prilaku kita sebagai manusia. Maka kesadaran akan pentingnya menjaga bumi kita ini sangat penting, sebagai manisfestasi bahwa bumi ini milik kita bersama dan perlu kita pelihara bersama,” tegasnya.

Selain itu, Camat Kapuas dalam sambutannya mengapresiasi seluruh jajaran Muhammadiyah Kabupaten Sanggau yang sanggat tepat dalam memusatkan aksi sosial ini di lingkungan Pudu ini.

“Karena ini merupakan bagian dari pengabdian sebuah organisasi untuk masyarakat dan pada hari ini dilakukan di lingkungan Pudu dengan melakukan pemeriksaan kesehatan dan pengobatan karena kami dari pemerintah sanggat mendukung kegiatan ini untuk Sanggau sehat,” kata Jemain.

Kami akan laporkan kegiatan ini kepada pimpinan, karena bagaimanapun setiap kegiatan yang mendukung atau mensuport program Pemerintah Daerah sanggat diapresiasi karena telah membantu masyarakat di bidang kesehatan.

“Pemkab Sanggau telah mengeluarkan surat keputusan berkenaan dengan kejadian luar biasa (KLB) yang berkaitan dengan maraknya Demam Berdarah termasuk Kecamatan Kapuas yang telah masuk garis merah. Maka dari itu pada kesempatan ini kami mengedukasi dan menghimbau untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan dengan 3M Plus serta pembagian Abate yang diserahkan Kepala Puskesmas Sanggau,” ungkap Jemain.

Jenis kegiatan yaitu pelayanan Kesehatan yang merupakan bentuk kepedulian dan bakti Muhammadiyah. Bekerjasama dengan Rumah Sakit Umum Sentra Medika Sanggau dan IDI Kabupaten Sanggau guna membantu pelayanan pengobatan bagi masyarakat yang membutuhkan.

Sementara itu tokoh agama lingkungan Pudu Tarmiji juga mengapresiasi kegiatan ini dan meminta warga di lingkungan Pudu dan sekitarnya untuk memanfaatkan pelayanan ini dengan sebaik-baiknya.

“Saling memberi ini sangat penting bagi kita masyarakat sosial. Sekali lagi terimakasih kepada Muhammadiyah Kabupaten Sanggau dan para pendukung kegiatan ini,” ucap Tarmiji. (ans)

RELATED ARTICLES

Berita Populer