Sabtu, Februari 24, 2024
BerandaKalbarSanggauAnggota Komisi I DPRD Sanggau Apresiasi Diskominfo Soal CCTV

Anggota Komisi I DPRD Sanggau Apresiasi Diskominfo Soal CCTV

SANGGAU, insidepontianak.com — Heri Wijaya, Anggota Komisi I DPRD Sanggau memberikan apresiasi kepada Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) atas program pemasangan CCTV di beberapa titik strategis untuk memantau aktivitas di jalan-jalan Ibu Kota Kabupaten Sanggau.

Menurutnya, dengan adanya CCTV yang dipasang pada titik strategis di jalan-jalan dapat membatu dalam memantau pergerakan dan aktivitas kendaraan dan orang pengguna jalan, serta bisa sebagai acuan dalam menangani kriminalitas dan  kejahatan di jalan.

“Apa yang dilakukan Diskominfo ini sangat bagus ya, dengan memasang CCTV pada titik-titik strategis di jalan-jalan di Kabupaten Sanggau,” ungkap Heri saat rapat kerja Komisi I DPRD bersama mitra.

Heri menyarankan, agar program ini bisa terus dimaksimalkan tahun depan. Serta prioritaskan untuk dipasang di area strategis lain yang ada di seluruh Kabupaten Sanggau.

“Dengan adanya bantuan pantauan CCTV yang bisa merekam 24 jam aktivitas di jalan-jalan tentu ini sangat membantu dalam upaya mengatasi atau menangani kejahatan yang dilakukan di jalan atau pelaku kejahatan yang melintas di area yang di pasang CCTV,” ujar politisi partai Perindo itu.

Sementara itu, R.S Solikin Kabid Statistik dan Persandian Diskominfo Sanggau mengatakan, sudah 13 titik yang sudah terpasang CCTV pada tahun 2023 ini. Rencananya tahun depan akan dimaksimalkan pemasangang CCTV di 14 titik pada 14 Kecamatan.

“Kita ketahui memang di beberapa kecamatan itu sudah terpasang misalnya, di simpang ampar itu ada satu titik empat kamera. Di simpang Sosok itu ada satu titik tiga kamera, yang lainnya itu dipasang di dalam kota seperti di depan dinas pertanian simpang empat sentral, di Pasar Jarai, di dekranasda, simpang SD satu ada juga, di Sabang Merah dan di simpang empat rambai ada juga” ujar Solikin saat diwawancarai.

Solikin melanjutkan, sejak pertama kali di pasang CCTV di area-area strategis di Kabupaten Sanggau memang telah banyak memberikan dampak positif. Karena memang kita pasang CCTV ini di ruang-ruang publik atau jalan-jalan protokol.

“Contohnya, kita kerjasama dengan pihak Polres dari Satlantas. Itu biasanya kawan-kawan dari Satlantas meminta informasi terkait lakalantas, jadi kita bantu dengan berikan rekaman CCTVnya,” ucap Solikin.

Kemudian, Solikin menyampaikan, untuk live rekaman CCTV yang terpasang di sejumlah titik yang ada di Sanggau bisa langsung dipantau oleh masyarakat dengan mengakses portal web https:/pantau.sanggau.go.id yang dikelola oleh Diskominfo. (ans)

RELATED ARTICLES

Berita Populer