Selasa, Maret 5, 2024
BerandaKalbarPesan Menteri Kelautan dan Perikanan di Konferensi Nasional Pesisir

Pesan Menteri Kelautan dan Perikanan di Konferensi Nasional Pesisir

PONTIANAK, insidepontianak.com – Menteri Kelautan Dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono resmi membuka Kegiatan Konferensi Nasional Pesisir Ke-11 (KONAS XI) Tahun 2023, Selasa (28/11/2023)

Sakti Wahyu Trenggoni mengatakan terhadap penangkapan ikan harus diatur dengan baik, terutama terhadap PP Nomor 11 Tahun 2023 mengandung makna yang begitu luas dan dalam.

“Tetapi untuk menjalankan ini perlu suatu sumber daya yang memadai, saya ingin segera mungkin dijalankan dalam tahun depan ini, awal tahun depan ini,” ungkapnya.

Ia mengatakan melalui forum ini kepada seluruh kepala dinas bisa mempersipakan diri, persiapan diri tidak cukup dalam 1 bulan, 2 bulan dan bisa jadi 1 tahun ini.

Diharapkan agar betul-betul penangkapan ikan terukur atau implementasi dari PP 11 2023, berjalan dengan baik.

“Tidak menimbulkan gejolak dan tidak menimbulkan ketidak pahaman, bahkan saya juga masih mendengarkan beberapa perguruan tinggi menanyakan PP tersebut,” kata Sakti Wahyu Trenggono.

Karena diseluruh dunia diakuinya penangkapan harus diatur dengan baik.

“Ini hampir seluruh dunia penangkapan ikan harus diatur dengan baik, secara jelas dan gamblang kepada publik,” sambungnya.

Disamping itu Sakti Wahyu Trenggono mengungkapkan, bawah potensi laut Indonesia sangat besar, jadi tidak hanya hutan dengan kebanyakan macam jenisnya.

“Dan itu yang harus kita jaga,” tegasnya.

Termasuk juga didasar laut, banyak sekali potensi yang harus dijaga terutama akan batas laut.

“Tentu batas laut itu dari hadapan kita yang harus kita awasi setelah itu terus, dan atas saat itu bukan hanya kekuasaan kita siapkan,” tutupnya. (Dwi)

RELATED ARTICLES

Berita Populer