Selasa, Maret 5, 2024
BerandaKalbarSanggauSejumlah Fraksi DPRD Sanggau Kompak Soroti Kondisi DBD Yang Tak Kunjung Mereda

Sejumlah Fraksi DPRD Sanggau Kompak Soroti Kondisi DBD Yang Tak Kunjung Mereda

SANGGAU, insidepontianak.com — Terus meningkatnya kasus DBD di Kabupaten Sanggau mendapat sorotan serius dari sejumlah Fraksi di DPRD Sanggau.

Hal tersebut disampaikan saat penyampaian pandangan akhir fraksi-fraksi pada paripurna pembahasan APBD tahun anggaran 2024, Senin (27/11/2023) siang.

Sejumlah fraksi tersebut diantaranya ialah fraksi Demokrat, fraksi partai Nasdem, fraksi Gerakan Solidaritas dan Fraksi Amanat Persatuan. Kepedulian tersebut di sampaikan kepada pemerintah daerah agar bekerja dengan sangat serius agar keresahan di masyarakat terkait DBD cepat usai.

Heri Wijaya, Ketua Fraksi Amanat Persatuan mengatakan, pihaknya mendorong pemerintah daerah untuk meningkatkan pelayanan bagi pasien DBD agar tidak terjadi kelalaian yang mengakibatkan kematian pada pasien.

“Kami meminta pemerintah daerah dan instansi terkait untuk meningkatkan pelayanan di rumah sakit terhadap pasien DBD untuk mencegah tingginya angka kematian pasien DBD. Serta bertindak cepat, tepat dan tanggap dalam menanggulangi kasus DBD sehingga wabah ini cepat mereda,” tegasnya.

Selanjutnya, Supratman, Wakil Ketua Fraksi Demokrat meminta pemerintah daerah masif melakukan sosialisasi dan pencegahan DBD ditingkat satuan pendidikan. Mengingat, wabah DBD banyak sekali menyerang anak-anak.

“Unntuk Kinas Kesehatan melalui bidang terkait untuk segera melakukan pencegahan terkait rumor penyakit DBD yang telah menyebar luas di Kabupaten Sanggau dengan melakukan fogging di sekolah-sekolah,” pinta

Sementara itu, Bambang Joko Winayu Sekretaris Fraksi Nasdem mendorong pemerintah untuk masif melakukan himbauan kepada seluruh element masyarakat di setiap lapisan agar meningkatkan kewaspadaan terhadao wabah DBD.

“Kami fraksi Nasdem mendorong pemerintah daerah untuk masif melakukan penanganan DBD dan menghimbau masyarakat secara langsung ataupun melalui media masa agar meningkatkan kewaspadaan terkait DBD ini” harapnya.

Data Dinas Kesehatan Kabupaten Sanggau, jumlah total kasus demam berdarah dengue (DBD) di Kabupaten Sanggau per 27 November 2023, sebanyak 354 kasus. Sebanyak 12 orang di antaranya meninggal dunia. (ans)

RELATED ARTICLES

Berita Populer