Selasa, Maret 5, 2024
BerandaEkonomiPertemuan Tahunan BI 2023 Dihadiri Jokowi, Perry Warjiyo: Indonesia Harus Bersinergi

Pertemuan Tahunan BI 2023 Dihadiri Jokowi, Perry Warjiyo: Indonesia Harus Bersinergi

JAKARTA, insidepontianak.com – Bank Indonesia Award merupakan apresiasi atas dedikasi dan kolaborasi bersama BI disetiap makna.

Dalam Indonesia Award 2023, pemberian anugerah diberikan ke 64 pemenang yang mendukung arena moneter pengembangan UMKM dan pendukung kebijakan Bank Indonesia.

Bahwasannya pemberian anugerag merupakan apresiasi Bank Indonesia kepada mitra yang berdedikasi dan memberikan kontribusi terbaiknya.

64 dari berbagai pihak di moneter makro prudential dan pendukung kebijakan.

Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo menjelaskan jika di Pertemuan Tahunan Bank Indonesia 2023 bertemakan ‘Sinergi Memperkuat Ketahanan dan Ekonomi’.

Dunia masih terus bergejolak dan fragmentasi geopolitik berpengaruh ke geoekonomi dan ketidakpastian semakin tinggi.

Pertumbuhan akan menurun 2,8 persen sebelum meningkat di 3 persen. Penurunan inflasi lambat meski akan turun di 2024 masih diatas target karena harga global.

Membengkaknya hutang Amerika meski dolar AS masih kuat dan pelarian modal dalam jumlah modal ke negara maju di Amerika karena kuatnya dolar dari beberapa gejolak berdampak negatif di beberapa negara termasuk Indonesia.

Untuk kebangkitan ketahanan dan ekonomi nasional, yang paling dipertahankan oleh bangsa Indonesia.

“Dari gejolak global kuncinya hanya satu, sinergi. Perlu kerjasama dan koordinasi,” ungkap Perry.

Sinergi inovasi untuk hasil kerja terbaik karena gejolak global akan berkurang dan perlu berpengalaman dalam krisis dunia.

“Seberapa kuat kita berikhtiar maka berkah doa dan upaya maka ekonomi Indonesia 2024 akan bertumbuh hingga 5,5 persen dan meningkat 4,6 persen di 2025,” katanya optimis.

Didukung kenaikan gaji AS kebijakan fiskal dan terus kuatnya inflasi pangan dan di 2023 perekonomian Indonesia akan lebih stabil.

Demikian pula di neraca pembayaran sehat pertumbuhan kredit akan meningkat di 2025. Stabilitas keuangan juga akan meningkat pesat melalui uang elektronik tumbuh tinggi.

Ditegaskannya kembali jika sinergi melindungi negara dibidang ekonomi poltik dan lainnya.

“Dalam lima area penting stabilitas hilirisasi keuangan dan infrastruktur telah menyelamatkan Indonesia dari Covid dan akan ditingkatkan melalui subsidi harga dan gerakan nasional ekonomi pasar,” paparnya. ***

RELATED ARTICLES

Berita Populer