Minggu, Maret 3, 2024
BerandaRagamHarisson Pastikan Stok Beras Kalbar Cukup hingga Tahun Depan

Harisson Pastikan Stok Beras Kalbar Cukup hingga Tahun Depan

MEMPAWAH, insidepontianak.com – Pj Gubernur Kalbar, Harisson memastikan stok cadangan beras aman untuk kebutuhan masyarakat Kalbar hingga tahun depan.

Kepastian ini berdasarkan, dari keberhasilan Bulog Kalbar mendatangkan beras dari Vietnam dan Thailand sebanyak 37.500 secara bertahap.

Pada Rabu (29/11/2023) Bulog Kalbar mendatangkan 3.900 ton beras lewat Pelabuhan Internasional Kijing, Mempawah. Harisson pun turun langsung melihat proses pembongkarannya.

Harisson menegaskan, stok beras ini sekaligus untuk cadangan pangan antisipasi dampak banjir yang berpotensi terjadi di akhir tahun ini.

“Jadi, masyarakat jangan khawatir. Kebutuhan beras kita itu cukup, sampai Natal maupun setelah Natal. Kita pastikan kebutuhan beras di Kalimantan Barat ini cukup,” tegas Harisson

“Sejak bulan April sampai sekarang ini, sudah ada 9 Kapal yang membawa stok beras. Sekitar 4.000-6.000 Ton per kapal. Dan kemarin ada 3.900 ton,” kata Harisson.

Pimpinan Wilayah Perum Bulog Kalbar, Dedi Aprilyadi, menyampaikan dalam waktu dekat, pihaknya akan kembali mendatakan pasokan beras dari Vietnam lewat Pelabuhan Internasional Kijing.

“InsyaAllah, akan kami datangkan lagi kurang lebih 5.500 ton,” katanya.

Kemudian, stok beras ini sebagian nanti akan didistribusikan ke Rumah Pangan Kita atau RPK, untuk dijual ke masyarakat sesuai harga eceran tertinggi atau HET yang telah ditetapkan.

“HET yang ditentukan oleh pemerintah, sekarang Rp 11.500. Kalau ada yang jual melebihi HET pasti kita sanksi,” tegasnya.***

Abdul Halikurrahman
Abdul Halikurrahmanhttps://insidepontianak.com/redaksi/
Koordinator Liputan Insidepontianak.com
RELATED ARTICLES

Berita Populer