Minggu, Maret 3, 2024
BerandaKalbarKubu RayaKPU Kubu Raya Siapkan Fasilitas Skrining Kesehatan untuk Petugas KPPS

KPU Kubu Raya Siapkan Fasilitas Skrining Kesehatan untuk Petugas KPPS

KUBU RAYA, insidepontianak.com – KPU Kubu Raya terus mempersiapkan tahapan-tahapan untuk pembentukan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara atau KPPS untuk Pemilu 2024.

Komisioner KPU Kubu Raya, Musa mengatakan, pembentukan KPPS mesti dilakukan dengan cermat dengan memperhatikan aspek kesehatan. Sebab, KPPS merupakan ujung tombak pelaksanaan pemungutan suara.

“Pembentukan KPPS sangat vital mengingat wajah dari KPU pada hari pemungutan suara,” kata Musa, Kamis (30/11/2023).

Sesuai jadwalnya, pembentukan KPPS akan dilaksanakan pada  11 Desember 2023 sampai 22 Januari 2024.

Sesuai pengalaman pada Pemilu lima tahun lalu, tak sedikit anggota KPPS gugur karena mengalami kelelahan akibat penghitungan dilakukan secara marathon.

Untuk mengantisipasi agar hal ini tak terjadi lagi, maka KPU Kubu Raya akan menyiapkan fasilitas kesehatan di setiap TPS-TPS.

“Isu masalah kesehatan perlu menjadi perhatian, mengingat Pemilu 2019 terdapat korban jiwa yang cukup tinggi, sehingga membutuhkan dukungan pemerintah dalam pemberian fasilitasi kesehatan dan pemeriksaan kesehatan bagi badan adhoc,” ujarnya.

Musa memastikan, KPU sudah bekerja sama dengan BPJS Kesehatan untuk melakukan skrining riwayat kesehatan kepada setiap anggota KPPS.

“Tanggung jawab dari KPU adalah memastikan ketersediaan kebutuhan KPPS melalui perangkat kelembagaan yang layak untuk bekerja sesuai perundang-undangan,” tegas Musa.***

Abdul Halikurrahman
Abdul Halikurrahmanhttps://insidepontianak.com/redaksi/
Koordinator Liputan Insidepontianak.com
RELATED ARTICLES

Berita Populer