Minggu, Maret 3, 2024
BerandaKalbarHarisson Optimis Serapan Anggaran Kalbar Capai 100 Persen di Akhir Tahun 2023

Harisson Optimis Serapan Anggaran Kalbar Capai 100 Persen di Akhir Tahun 2023

PONTIANAK, insidepontianak.com – Pj Gubernur Kalbar, Harisson optimis serapan anggaran tahun 2023 dapat terserap secara maksimal.

Pemprov Kalbar menargetkan serapan anggaran bisa mencapai 100 persen sebelum tutup tahun 2023.

Harisson mengatakan, serapan anggaran di Pemprov Kalbar saat ini sudah mencapai 72 persen. Angka ini berada di atas nasional yang baru 69 persen.

“Kita pastikan terus naik, karena kegiatan pembangunan yang akan selesai pada bulan Desember ini, lalu pencarian anggaran,” kata Harisson, Jumat (1/12/2023).

Karena itu, ia optimis serapan anggaran Pemprov Kalbar dapat maksimal hingga 100 persen. Menurut Harisson, di triwulan ke-IV ada beberapa dinas yang serapan anggarannya masih lamban. Yakni Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Pemukiman dan Dinas PUPR.

Serapan anggaran di dua dinas tersebut  lamban karena proyek fisik baru selesai pada Desember 2023. Otomatis serapan anggaran baru dapat dilakukan setelah proyek selesai.

“Untuk Perkim dan PU kegiatan yang bersifat fisik itu serapan anggaran tertinggi di bulan Desember,” terangnya.

Menurut Harisson, pembangunan proyek fisik tak bisa selesai dalam satu bulan. Perlu waktu sekitar empat sampai lima bulan untuk menyelesaikan.

Karena itu, wajar jika serapan anggaran agak lama di Dinas Perkim dan PUPR.  Sebab, sebelum proyek dilaksanakan, didahului perencanaan yang memakan waktu empat sampai lima bulan. Ditambah lelang, hingga hasil lelang. Stelah tahapan ini, barulah proyek bisa dikerjakan.

“Jika dihitung dari perencanaan yang dimulai Januari sampai hasil lelang keluar itu sampai Juli dan Agustus baru proyek dikerjakan. Jika lima bulan waktu pengerjaan, selesainya kan Desember,” ucapnya.

Karena itulah, Harisson optimis serapan anggaran Pemprov Kalbar tahun ini dapat terserap dengan maksimal.

“Paling melesat 98 sampai 99 persen,” pungkasnya. (andi)***

Abdul Halikurrahman
Abdul Halikurrahmanhttps://insidepontianak.com/redaksi/
Koordinator Liputan Insidepontianak.com
RELATED ARTICLES

Berita Populer