Selasa, Maret 5, 2024
BerandaGaya HidupKesehatanJangan Sembarangan, Ini Jenis Ikan yang Cocok untuk Terapi

Jangan Sembarangan, Ini Jenis Ikan yang Cocok untuk Terapi

MEDAN, Insidepontianak.com – Ketika terapi ikan menjadi pilihan, maka pilihlah ikan yang cocok. Pasalnya, tidak semua jenis ikan itu pas untuk menjadi alat terapi.

Jadi jangan sekai-kali memilih ikan piranha, bisa habis kaki Anda bukan? Jadi untuk terapi, jenis ikan yang dipilih adalah pilihan dan tidak berbahaya.

Maka, jenis ikan yang baik untuk terapi adalah garra rufa, garra merah, dan garra panda. Jenis ikan ini tidak bergigi, jadi tidak melukai.

Yang jelas, jenis ikan tersebut hidup sungai-sungai di wilayah Turki dan Syria. Kemudian habitatnya menyebar ke negara Eropa hingga Asia seperti Indonesia.

Melansir ngopibareng.id, Kamis (30/11/2023), terapi ikan atau iktioterapi berasal dari nama Yunani untuk ikan atau Ichthys. Sejarah pengobatan semacam itu dalam pengobatan tradisional jarang terdokumentasi.

Bentuk iktioterapi paling merebak yang diketahui dipakai dalam pengobatan kondisi kulit dan melibatkan garra rufa, yang umumnya disebut doctor fish atau nibble fish.

Garra rufa berasal dari Turki dan beberapa negara Timur Tengah termasuk Suriah, Iran, dan Irak. Orang Turki telah menggunakan garra rufa untuk pengelupasan kulit setidaknya selama 400 tahun.

Nah berikut penjelasan soal jenis ikan yang cocok untuk terapi tersebut:

  1. Ikan Garra Rufa
    Ikan garra rufa berasal dari family Cyprinidae. Ikan ini mengonsumsi tumbuh-tumbuhan. Selain pemakan tumbuhan, jenis ikan terapi ini gemar memakan lapisan kulit ari yang mati pada permukaan kaki.

Ikan garra rufa memiliki perilaku suka mengerumuni kaki manusia saat dicelupkan ke dalam kolam. Inilah mengapa ikan ini dijuluki jenis ikan terapi untuk kepentingan SPA.

Garra rufa memiliki beberapa kerabat, satu Genus Garra dengan distribusinya di negara lain, yakni di dua negara Asia, yakni Indonesia dan Thailand.

Garra borneensis adalah kerabatnya yang hidup di alam Kalimantan, Indonesia. Sedangkan yang di Thailand bernama Garra taeniata Smith 1931.

  1. Ikan Garra Merah
    Ikan garra merah masih spesies dengan ikan garra rufa yang masih keluarga dengan Cyprinidae. Garra merah banyak ditemukan di perairan air tawar, seperti sungai, kolam, danau, atau anak sungai.

Pada awal abad 21 ikan ini banyak diambil untuk digunakan sebagai ikan perawatan spa. Cara kerjanya dengan memakan lapisan kulit mati pasien atau jaringan kulit ari.

  1. Ikan Garra Panda
    Dinamakan panda karena warna mereka yang hitam putih seperti panda. corak hitam putihnya berselang seling di sekujur tubuhnya.

Nama ilmiah dari garra panda ialah Garra flavatra. Mereka merupakan ikan yang menarik dan aktif. Banyak ditemukan di sungai-sungai beraliran deras.

Ukuran maksimum mereka sekitar 9 cm. Spesies ini tidak hanya dijadikan sebagai ikan terapi, tapi juga ikan hias akuarium.

Jika ingin memelihara garra panda pastikan untuk menyiapkan akuarium berukuran 80 liter dengan parameter airnya pH netral, airnya tenang, bertemperatur 22 – 27˚C dengan peralatan oksigen.

Demikian soal tiga jenis ikan yang cocok untuk terapi. Semoga bermanfaat. (Adelina). ***

RELATED ARTICLES

Berita Populer