Selasa, Maret 5, 2024
BerandaGaya HidupGadget5 Trik Atasi MacBook Tak Tersambung ke Jaringan WiFi: Lakukan Secara Berurutan...

5 Trik Atasi MacBook Tak Tersambung ke Jaringan WiFi: Lakukan Secara Berurutan Agar Bisa Diperbaiki!

PROBOLINGGO, insidepontianak.com – Melalui pembahasan 5 trik atasi MacBook yang tak tersambung ke jaringan WiFi nyatanya sangat mudah dilakukan. Dengan catatan, kamu harus mengikuti petunjuknya dengan benar.

Selain membahas terkait tutorial, uraian yang membahas 5 trik atasi jaringan WiFi tak tersambung ke jaringan WiFi ini juga akan mengulas lengkap beberapa masalah yang melatarbelakangi problem tersebut.

Jadi, dengan membaca tuntas 5 trik atasi MacBook tak tersambung ke jaringan WiFi ini kamu dapat mendiagnosa pertama kali masalah yang terjadi. Sehingga, penanganan untuk memperbaikinya bisa dilakukan dengan tepat.

Jaringan WiFi memang tidak selalu terhubung secara terus-menerus. Pada suatu kesempatan, perangkat yang tengah digunakan tidak dapat menangkapnya atau sudah tersambung akan tetapi tidak bisa bekerja dengan baik saat online.

Banyak hal yang menjadi faktor utama kenapa jaringan WiFi tidak dapat bekerja dengan baik. Salah satunya bisa saja karena server jaringan tersebut tengah melakukan pemadaman, yang akan mengakibatkan tidak dapat tersambung.

Supaya bisa mengatasi beberapa faktor yang akan dibagikan ini, simaklah dengan baik-baik 5 trik atasi MacBook yang tidak dapat tersambung dengan jaringan WiFi.

  1. Sambungkan ke Router Lain.

Tatkala mengetahui terjadi masalah pada jaringan WiFi yang tersambung ke MacBook, langkah pertama yang dapat kamu lakukan adalah dengan mencoba mencari jaringan lain.

Bila ternyata jaringan WiFi lain dapat tersambung, dan bisa menganivagisakan MacBook di dunia maya, artinya jaringan sebelumnya tengah mengalami masalah.

  1. Restart Router WiFi.

Setelah melakukan trik yang pertama, dan nyatanya MacBook dapat terhubung baik dengan WiFi lain. Selanjutnya cobalah mengikuti langkah yang kedua, yakni dengan mematikan restart router.

Hal ini bisa saja karena sistem router tengah mengalami kendala. Cara memperbaikinya cukup mudah, matikanlah router selama beberapa detik, biasanya tunggu 15 detik sampai 30 detik.

Setelah itu, hidupkan kembali router dan cobalah hubungkan kembali kepada MacBook.

  1. Matikan VPN.

VPN yang digunakan pada MacBook juga tidak luput dari pembuat jaringan WiFi mengalami masalah. Pasalnya, jaringan berbentuk privat ini akan menghambat frekuensi sinyal yang semestinya dapat ditangkap dengan mudah pada laptop.

Untuk mematikannya, silahkan ikuti langkah berikut ini:

  • Klik ikon WiFi yang terletak pada menu bar.
  • Setelah itu, silahkan ketuk opsi ‘Open Network Preferences’.
  • Cari dan pilih nama VPN yang sedang terhubung.
  • Kemudian matikanlah koneks VPN.
  1. Restart MacBook.

Selain karena kendala yang terpusat pada router, bisa saja problem koneksi WiFi tidak terhubung karena lantaran MacBook sedang error.

Bila hal ini terjadi, caranya cukup mudah untuk dilakukan. Kamu hanya perlu melakukan restart ulang pada MacBook. Setelah hidup, cobalah sambungkan kembali ke jaringan WiFi.

  1. Update Sistem iOS.

Selain cara dan problem di atas, update sistem pada MacBook juga sangat berperan penting untuk kinerja penghubungan sinyal WiFi.

Oleh karena itu, pastikan kamu selalu memperbarui sistem kerja iOS dari MacBook. Sehingga, kendala error pada koneksi WiFi dapat diatasi dengan mudah.

Demikianlah pembahasan mengenai 2 trik atasi MacBook yang tidak tersambung ke WiFi. Selamat mencoba! (Dzikrullah) ***

RELATED ARTICLES

Berita Populer