Kamis, Februari 22, 2024
BerandaRagamCegah DBD, Harisson Ajak Masyarakat Gotong Royong Berantas Sarang Nyamuk

Cegah DBD, Harisson Ajak Masyarakat Gotong Royong Berantas Sarang Nyamuk

PONTIANAK, insidepontianak.com – Pj Gubernur Kalbar, Harisson memastikan angka kasus Demam Berdarah Dague atau DBD di Kalimantan Barat masih terkendali.

Ia pun mengajak masyarakat untuk bersama-sama memberantas sarang nyamuk. Agar, penularan kasus DBD dapat terus ditekan.

“Kasus DBD masih terkendali. Selama ini kita masih bisa menampung pasien demam berdarah,” kata Harisson kepada Insidepontianak.com, Selasa (5/12/2023).

Harisson mengingatkan, agar rumah sakit tak boleh menolak pasien. Setiap pasien yang datang harus dirawat. Tak boleh di usir pasien.

“Di Kalbar masih terkendali (red, DBD). Di Provinsi lain malah ada yang dirawat di selasar-selasar pasiennya,” terangnya.

Kita mengajak peran serta masyarakat bersama-sama menekan kasus DBD. Sebab, kasus DBD hanya bisa ditekan dengan peran serta masyarakat. Masyarakat harus peduli.

“Yang utama adalah memberantas tempat-tempat yang memungkinkan nyamuk bersarang dan berkembang biak, itu saja,” terangnya.

Apabila masyarakat peduli dengan pemberantasan sarang nyamuk. Harisson optimis DBD akan turun.

“Ingat, nyamuk Aedes aegypti itu dia tak berkembang biak di tempat yang berhubungan dengan tanah seperti di Parit dan lainya,” ujarnya.

Namun, nyamuk aedes aegypti menyukai tempat yang bersih seperti bekas kaleng cat, bekas air minum, bekas cangkir mineral, tempat sampah, tempat minuman unggas.

“Disitu yang kita harus peduli. Dan harus kita ganti terus, “pungkasnya. (andi)***

Abdul Halikurrahman
Abdul Halikurrahmanhttps://insidepontianak.com/redaksi/
Koordinator Liputan Insidepontianak.com
RELATED ARTICLES

Berita Populer