Senin, Februari 26, 2024
BerandaGaya HidupWisataMenjelajahi Keindahan Desa Wisata Kadingeh, Wisata Alam dan Kekayaan Budaya

Menjelajahi Keindahan Desa Wisata Kadingeh, Wisata Alam dan Kekayaan Budaya

SINJAI, insidepontianak.com – Desa Wisata Kadingeh, sebuah permata tersembunyi di Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan, mungkin belum banyak dikenal namun menyimpan pesona luar biasa.

Terlahir dari pemekaran desa Banti pada tahun 2002, desa ini telah tumbuh dan berkembang dengan kepemimpinan yang beragam dari Tahir Silasa BA hingga kepemimpinan saat ini yang dipegang oleh Umar, S.Pd.I.

Secara administratif, Desa Kadingeh terbagi menjadi 4 dusun yang masing-masing memiliki daya tariknya sendiri.

Dusun Matawai/Tiktok, Dusun Sapuko Dea Kaju, Dusun Asaan, dan Dusun Lombon. Namun, pesona sejati desa ini terletak pada kekayaan alamnya yang luar biasa.

Berbeda dari daerah-daerah di sekitarnya yang seringkali mengalami kesulitan air bersih saat musim kemarau, Desa Wisata Kadingeh dianugerahi pasokan air yang melimpah dari sumber mata air yang tak pernah berhenti mengalir ke sungai.

Tidak hanya itu, desa ini menjadi titik pertemuan bagi tiga anak sungai yang menambah keeksotisan kekayaan alamnya.

Salah satu daya tarik utama Desa Wisata Kadingeh adalah keberadaan Loko’ Wai Lambun atau yang lebih dikenal sebagai Loko’ Bubau.

Gua ini menjadi gua terluas dan terpanjang di Sulawesi Selatan yang mengagumkan dengan keindahan stalaktit dan stalakmitnya yang mempesona.

Namun, kekayaan desa ini tidak hanya terbatas pada alamnya saja. Desa Wisata Kadingeh juga menyimpan kekayaan budaya, sejarah, dan edukasi yang tak ternilai.

Di sini, terdapat dua jenis tanah garapan pertanian berupa perkebunan dan persawahan yang menjadi mata pencaharian utama masyarakat.

Bagian selatan desa menghadirkan sumber mata air berupa sungai yang luas dengan aliran yang tenang.

Serta situs-situs peninggalan sejarah berupa susunan batu kuno seperti Tondok Asaan, Tondok Banoa Lamunan To jolo-jolo (kuburan kuno), Manduk Patinna, yang menjadi bagian penting dari warisan sejarah yang dijaga oleh masyarakat setempat.

Desa Wisata Kadingeh tidak hanya menawarkan keindahan alam yang memukau, tetapi juga mengajak pengunjung untuk menjelajahi sejarah, budaya, dan kearifan lokal yang kaya.

Dari keeksotisan gua hingga keberadaan situs-situs bersejarah, desa ini menjadi destinasi yang memikat bagi para pencinta alam, sejarah, dan budaya.

Kesempurnaan alam yang terjaga dengan kekayaan budaya yang dimiliki menjadikan Desa Wisata Kadingeh sebagai tujuan wisata yang tak terlupakan. (Zumardi IP)***

RELATED ARTICLES

Berita Populer