Selasa, Maret 5, 2024
BerandaGaya HidupKulinerResep Ayam Panggang Saus Mayo Wijen, Nikmat Gurih dalam Sekejap

Resep Ayam Panggang Saus Mayo Wijen, Nikmat Gurih dalam Sekejap

SINJAI, insidepontianak.com – Ayam panggang dengan sentuhan saus wijen siap pakai bisa menjadi santapan praktis nan lezat.

Rasanya yang gurih dengan aroma wijen yang khas akan memanjakan lidah siapa pun yang menyantapnya.

Resep Ayam Saus Mayo Wijen memiliki sejumlah keistimewaan yang membuatnya menjadi pilihan yang menarik dalam dunia kuliner.

Saus wijen sangrai memberikan sentuhan khas dengan aroma dan rasa gurih yang khas. Ini memberikan dimensi rasa yang unik pada daging ayam, membuatnya lebih menggugah selera.

Resep ini sangat praktis dengan bahan-bahan yang mudah didapat dan langkah-langkah yang sederhana.

Marinasi dalam bumbu yang digunakan membuat proses memasak lebih cepat dan memudahkan Anda untuk menyiapkan hidangan lezat dalam waktu singkat.

Hidangan ini bisa disajikan dengan berbagai macam pendamping, mulai dari nasi hangat, sayuran panggang, hingga salad segar.

Fleksibilitas ini membuatnya cocok untuk berbagai kesempatan, dari santap siang harian hingga acara khusus.

Ayam sebagai bahan utamanya adalah sumber protein yang baik, sementara saus mayo wijen juga bisa memberikan beberapa manfaat, terutama dari kandungan wijen yang kaya akan nutrisi seperti serat, mineral, dan lemak sehat.

Resep ini memberikan ruang bagi kreativitas dalam memodifikasi cita rasa sesuai selera. Misalnya, penambahan cabai bubuk bisa memberikan sentuhan pedas yang membangkitkan rasa.

Resep Ayam Saus Mayo Wijen tidak hanya tentang rasa yang lezat, tetapi juga tentang kemudahan dalam proses pembuatannya dan fleksibilitas untuk mengakomodasi selera dan preferensi pribadi.

Ini membuatnya menjadi salah satu resep yang menarik untuk dicoba dan dinikmati oleh pecinta masakan dengan citra rasa yang kaya dan berbeda.

Mari kita simak cara membuat hidangan yang menggugah selera ini:

Bahan-Bahan

  • 4 porsi ayam paha bawah (8 potong)
  • 100 ml saus wijen sangrai
  • 2 sdm saus tiram
  • 2 sdt bawang putih bubuk
  • 1 sdt merica hitam, digerus kasar
  • ½ sdt garam (bila diperlukan)

Langkah-langkah Pembuatan

  1. Persiapan Awal

Kerat-kerat daging paha ayam untuk memastikan bumbu meresap sempurna. Lumuri potongan ayam dengan campuran saus wijen, saus tiram, bawang putih bubuk, merica hitam, dan garam (jika dibutuhkan). Pastikan bumbu merata di setiap potongan.

  1. Proses Marinasi

Sisihkan ayam dalam kulkas selama ±2 jam atau idealnya semalaman agar bumbu benar-benar meresap ke dalam daging.

  1. Panggang Ayam

Gunakan air fryer atau oven dengan suhu 150⁰C untuk memanggangnya. Proses memanggang akan memakan waktu sekitar 15-20 menit hingga ayam matang dengan baik.

Pastikan untuk membalik ayam agar matang merata.

  1. Penggunaan Bumbu Perendam

Lumuri lagi ayam dengan sisa bumbu perendam di tengah waktu memanggang untuk memastikan rasa bumbunya lebih dalam meresap.

  1. Penyajian

Keluarkan ayam panggang yang telah matang dan siap sajikan bersama nasi hangat untuk menikmati cita rasa yang menggoda.

Jika Anda menyukai rasa pedas, tambahkan cabai bubuk ke dalam bumbu perendam untuk memberikan sentuhan pedas yang membangkitkan selera makan.

Dengan langkah-langkah yang sederhana dan bahan yang mudah didapat, hidangan ayam panggang saus mayo wijen ini dapat menjadi pilihan praktis untuk menghadirkan cita rasa yang berbeda dalam sajian sehari-hari Anda.
Selamat mencoba dan nikmati kelezatannya! (Zumardi IP)***

RELATED ARTICLES

Berita Populer