Selasa, Maret 5, 2024
BerandaGaya HidupGadgetTak Perlu Cemas! Begini 3 Cara Atasi HP dan PC Tidak Tersambung...

Tak Perlu Cemas! Begini 3 Cara Atasi HP dan PC Tidak Tersambung ke WiFi Rumah Setelah Ganti Password

PROBOLINGGO, insidepontianak.com – Pembahasan 3 cara atasi HP dan PC yang tidak tersambung ke WiFi rumah setelah ganti password ini mudah dilakukan ketika mengalami problem koneksi jaringan.

Akan tetapi, kamu harus benar-benar mengikuti panduan 3 cara atasi HP dan PC yang tidak tersambung ke WiFi rumah setelah ganti password dengan benar. Sehingga, permasalahan yang tengah dialami dapat diselesaikan dengan tepat.

Selain memfokuskan pada 3 cara atasi HP dan PC tidak tersambung ke jaringan WiFi rumah, tim Insidepontianak juga akan memaparkan beberapa faktor yang menjadi latar belakang masalah tersebut.

Kegiatan ganti kata sandi pada WiFi rumah atau kantor senyata wajib dilakukan secara rutin. Hal ini dapat meminimalisir dari tindakan peretasan jaringan, sebab setiap bulannya kamu memasukkan password yang selalu berubah.

Sayangnya, penggantian password tersebut juga bisa membuat kendala pada WiFi. Dengan kata lain, perangkat elektronik yang hendak menyambungkan koneksi dengannya tidak dapat bekerja dengan baik.

Bahkan, meski sudah terbaca dengan jelas bahwa HP dan PC ‘Connected’ dengan WiFi, kamu tidak bisa bernavigasi di dunia internet. Hal ini juga lumrah terjadi tatkala WiFi rumah telah mengalami ganti password.

Salah satu faktor yang mengakibatkan jaringan WiFi tidak tersambung dengan baik, bisa saja karena sistem router mengalami error. Atau, justru masalahnya bersarang pada perangkat elektronik yang tengah digunakan.

Di lain pihak, bisa saja masalah tidak tersambung ini justru karena password yang baru sulit diingat. Sehingga, percobaan penghubungan dengan WiFi selalu gagal.

Untuk mengetahui kendala-kendala tersebut, silahkan simak uraian 4 cara atasi HP dan PC tidak tersambung ke jaringan WiFi rumah setelah ganti password di bawah ini:

  1. Cek Password.

Password yang kuat seharusnya mengandung dari tiga komponen karakter yang unik. Yakni tersusun dari huruf kecil, kapital, angka, dan karakter tanda baca khusus.

Selain masalah komponen, kekuatan password juga bisa saja dilatarbelakangi oleh jenis kalimat yang digunakan. Semakin sulit ditebak kata yang dijadikan password, semakin sulit pula orang lain untuk melakukan peretasan pada jaringan WiFi.

Namun, keunikan password tersebut malah dapat menyebabkan kendala. Justru pemilik WiFi kerepotan untuk mengingatnya, akhirnya perangkat elektronik yang digunakan tidak dapat tersambung.

  1. Hapus Profil Jaringan.

Bila ternyata password yang diketik telah benar, bisa saja kendala error yang terjadi karena adanya gangguan frekuensi pada jaringan WiFi. Untuk mengatasinya, kamu hanya perlu menghapus profil WiFi yang tersambung.

Untuk pengguna laptop Windows, silahkan ikuti langkah menghapus profil WiFi di bawah ini

  • Ketuk ikon WiFi yang terletak di bagian bawah pada menu bar Windows.
  • Pilih opsi ‘Network and Internet Settings’.
  • Masuk ke layanan ‘Manage Network’.
  • Pilih WiFi yang hendak dihapus profilnya.
  • Klik ‘Forget’.
  • Hubungkan kembali laptop dengan jaringan tersebut.
    Sedangkan bila menggunakan perangkat elektronik HP Android, berikut panduannya:
  • Geser layar ke bawah.
  • Tekan beberapa saat ikon WiFi.
  • Masuk ke ikon panah yang terletak pada WiFi.
  • Silahkan pilih jaringan yang hendak dihapus.
  • Kemudian, kamu hanya perlu mengetuk ‘Lupakan Jaringan’.
  • Cobalah hubungkan kembali ke WiFi.
  1. Tambah SSID WiFi.

Sebuah frekuensi WiFi yang mengalami error dapat diperbaiki dengan penambahan SSID (Service Set Identifier). Fitur ini merupakan sebuah identitas jaringan yang dimiliki.

Dengan menambah nama dan password baru pada SSID, jaringan WiFi yang mulanya tidak bisa tersambung akan diperbaiki.

Demikianlah pembahasan mengenai 3 cara atasi HP dan PC yang tidak tersambung ke WiFi rumah setelah ganti password. Selamat mencoba! (Dzikrullah) ***

RELATED ARTICLES

Berita Populer