Selasa, Maret 5, 2024
BerandaRagamMengenal Fasilitas Kelas Penumpang Kereta Api, dari yang Murah hingga Termahal

Mengenal Fasilitas Kelas Penumpang Kereta Api, dari yang Murah hingga Termahal

MEDAN, Insidepontianak.com – Kereta api adalah moda transportasi darat yang efektif. Bagaimana tidak, dalam sekali jalan kereta api bisa membawa cukup banyak penumpang sesuai kelas masing-masing.

Kelas yang dimaksud adalah tingkatan fasilitas dari kereta api yang bisa dinikmati penumpang. Tentu ini bergantung pada harga dan failitas yang ada.

Artinya, seorang penumpang bisa menyesuaikan keinginannya dalam memilih kelas pada kereta api. Jika ingin mewah, silakan membeli tiket yang sesuai.

Melansir kai.id, Selasa (6/12/2023), terdapat perbedaan yang signifikan dalam masing-masing kelas. Dan, itu dibuat untuk melayani kepuasaan penumpang.

Nah, berikut penjelasan soal masing-masing kelas yang ada di kereta api:

  1. Kelas Ekonomi
    Kelas ekonomi merupakan kelas yang paling ekonomis dari semua kelas di kereta api. Kereta api kelas ekonomi memiliki 80 hingga 106 kursi dalam satu kereta, dan merupakan kelas dengan kursi paling banyak.

Saat ini, kondisi kelas kereta satu ini banyak mengalami perubahan mulai dari adanya AC hingga stop kontak. Sama seperti yang lain, kelas ini juga memiliki rak bagasi untuk menaruh barang-barang dan toilet yang bersih.

Ada beberapa tipe kereta ekonomi, yakni tipe ekonomi dengan kapasitas 106 kursi, ekonomi dengan kapasitas 80 kursi, dan kapasitas 64 kursi yang diprioritaskan untuk difabel, lansia, dan pelanggan berkebutuhan khusus.

Untuk rangkaian ekonomi yang terbaru adalah ekonomi new image, dan ekonomi premium. Kelas ekonomi premium merupakan penyempurnaan dari ekonomi new image. Di mana sama-sama memiliki kapasitas 80 penumpang.

Tempat duduknya juga dibagi menjadi dua, ada yang sejalan dengan arah laju kereta dan ada yang berlawanan dengan arah laju kereta. Pun, sudah dilengkapi model reclining seat dan arm rest.

  1. Kelas Bisnis
    Lebih nyaman daripada kelas ekonomi, kereta api kelas bisnis menetapkan tarif sedikit lebih tinggi. Namun masih relatif terjangkau. Setiap gerbong dapat diisi sampai 64 penumpang saja.

Beda dengan kelas ekonomi, di sini tempat duduknya sudah bersekat. Susunan kursi 2-2 pada setiap baris di sisi kiri dan kanan. Posisi kursi duduk juga bisa diubah sesuai keinginan penumpang.

Dari segi luas sebenarnya tidak jauh berbeda dari kelas ekonomi. Hanya, space antara baris tempat duduk satu dan lainnya memang lebih lebar sehingga membuat penumpang lebih nyaman, terutama bagi yang membawa anak-anak.

  1. Kelas Eksekutif
    Jika ingin mendapatkan kenyamanan lebih, pilihlah kelas eksekutif. Di dalam kereta hanya menampung kapasitas 50 penumpang. Fasilitas yang akan Anda dapatkan pun lebih maksimal.

Susunan tempat duduk kelas eksekutif adalah 2-2. Kursinya empuk dan bisa diatur sesuai keinginan. Ruang kakinya lebar dan ada pijakan kaki, sehingga Anda lebih nyaman ketika meluruskan kaki.

Kelas ini juga telah dilengkapi dengan colokan listrik, selimut, televisi, meja makan, toilet, AC, bahkan wifi yang tersedia di beberapa kereta.

Dan yang terpenting, waktu tempuh kereta eksekutif juga lebih cepat, karena tidak berhenti di banyak stasiun.

  1. Kelas Luxury/Sleeper
    Kereta api luxury atau sleeper train generasi pertama berkapasitas 18 tempat duduk yang diperkenalkan pada 2018 lalu.

Selain kursi empuk dan bisa disandarkan dengan kemiringan 170 derajat, fasilitas lainnya antara lain pembatas antar penumpang, entertaiment on board, laci penyimpanan, lampu baca, stop kontak, dan headphone.

Selanjutnya, ada pula kereta api luxury generasi kedua berkapasitas 26 tempat duduk yang diperkenalkan pada 2019.

Fasilitas yang bisa dinikmati di antaranya lampu baca, stop kontak, dan kursi yang bisa disandarkan hingga 140 derajat. Selain itu, pada kelas ini, KAI juga berikan fasilitas gratis makan berat satu kali, snack/camilan, dan minuman.

Anda juga bisa menikmati fasilitas ruang tunggu luxury yang tersedia di beberapa stasiun. Jadi sambil nunggu kereta Anda bisa ngeteh atau ngopi secara gratis.

Demikian soal fasilitas yang tersedia pada setiap kelas penumpang di kereta api. Semoga bermanfaat. (Adelina). ***

RELATED ARTICLES

Berita Populer