Selasa, Maret 5, 2024
BerandaGaya HidupKesehatanMengenal Pneumonia, Penyakit yang Bisa Menular di Rumah Sakit

Mengenal Pneumonia, Penyakit yang Bisa Menular di Rumah Sakit

MEDAN, Insidepontianak.com – Pneumonia adalah penyakit yang bisa dikatakan parah, bisa menular dari seseorang yang telah menderitanya. Bahkan, seseorang bisa mengidap pneumonia karena dirawat di rumah sakit.

Ya, sebuah ironi karena sejatinya rumah sakit adalah tempat untuk menyembuhkan seseorang. Tapi itu tadi, karena menular, orang yang tak mengidap penyakit ini bisa terjangkit.

Contoh kasus dari penularan penyakit ini adalah dalam penggunaan mesin pernapasan (ventilator) di rumah sakit. Artinya, pengguna alat ini jauh berisiko munculnya pneumonia.

Melansir halodoc.com, Rabu (6/12/2023) sejatinya pneumonia adalah kondisi inflamasi yang terjadi saat seseorang mengalami infeksi pada kantung-kantung udara dalam paru-paru.

Kantung udara yang terinfeksi tersebut akan terisi oleh cairan maupun pus (dahak purulen). Gangguan ini dapat menyebabkan batuk berdahak atau bernanah, demam, menggigil, hingga kesulitan bernapas.

Infeksi yang ditimbulkan pneumonia bisa terjadi pada salah satu sisi paru-paru maupun keduanya. Penyebab utama dari gangguan inflamasi ini adalah infeksi virus, bakteri, ataupun jamur.

Pneumonia lebih dikenal sebagai paru-paru basah di Indonesia. Penyakit ini bukan hanya dapat menimpa orang dewasa, melainkan juga terjadi pada anak-anak, bahkan bayi yang baru lahir.

Baik pneumonia virus dan bakteri adalah penyakit yang menular. Berarti, seseorang yang mengidapnya dapat menyebarkan ke orang lain melalui menghirup tetesan udara dari bersin atau batuk.

Penyebab dari pneumonia beragam, tetapi berdasarkan organisme dan tempat penyebarannya, pneumonia dibedakan menjadi dua, yaitu pneumonia komunitas (lingkungan umum) dan pneumonia yang ditularkan di rumah sakit.

Nah, berikut beberapa kategori penyebab pneumonia:

  1. Lingkungan umum
    Organisme yang bisa menjadi penyebab pneumonia ditularkan di lingkungan umum berbeda dengan di rumah sakit, umumnya organisme yang mengakibatkan pneumonia yang ditularkan pada rumah sakit lebih sulit untuk diobati.

Contoh organisme yang menyebabkan pneumonia yang ditularkan di tempat umum, antara lain:

  • Bakteri, yang paling sering adalah Streptococcus pneumoniae.
  • Organisme yang menyerupai bakteri, Mycoplasma pneumonia.
  • Jamur, biasanya jamur akan menyerang orang dengan gangguan sistem imun.
  • Virus.
  1. Rumah sakit
    Beberapa orang dapat terkena saat dirawat di rumah sakit karena penyakit lain. Penyakit ini bisa terjadi di rumah sakit dan menjadi serius karena bakteri yang menyebabkannya mungkin lebih kebal terhadap antibiotik.

Selain itu, hal ini juga bisa lebih berbahaya karena orang yang mengidapnya terkena suatu penyakit. Orang yang menggunakan mesin pernapasan (ventilator), sering digunakan di unit perawatan intensif, berisiko lebih tinggi terkena pneumonia jenis ini.

  1. Perawatan kesehatan
    Penyakit paru-paru yang didapat dari perawatan kesehatan ini rentan terjadi pada orang yang dirawat di fasilitas perawatan dalam jangka panjang.

Atau, untuk seseorang yang rutin menerima perawatan di klinik rawat jalan, termasuk pusat dialisis ginjal. Layaknya penyebab infeksi yang didapat di rumah sakit, gangguan inflamasi pada paru-paru ini dapat disebabkan oleh bakteri yang lebih resisten terhadap antibiotik.

Demikian tentang penyebab terjadinya pneumonia, bisa tertular di lingkungan umum dan juga rumah sakit maupun ketika perawatan kesehatan. Semoga bermanfaat. (Adelina). ***

RELATED ARTICLES

Berita Populer