Sabtu, September 30, 2023
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
BerandaPendidikanBerdaya Saing Internasional, Program Studi Akuntansi FEB Unisma Raih Akreditasi Unggul

Berdaya Saing Internasional, Program Studi Akuntansi FEB Unisma Raih Akreditasi Unggul

MALANG, insidepontianak.com – Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Islam Malang, meraih akreditasi unggul dari hasil asesmen setelah memenuhi serangkaian persyaratan ketat, dan asesmen dari Lembaga Akreditasi Mandiri Ekonomi Manajemen Bisnis dan Akuntansi (LAMEMBA).

Sebelumnya, Program Studi Akuntasi  UNISMA telah meraih akreditasi A dari BAN PT, namun dengan berubahnya kebijakan sejak   tahun 2021 seluruh akreditasi program studi bidang Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi (EMBA) harus mengikuti Lembaga Akreditasi Mandiri Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan akuntansi ( LAMEMBA).

Hasil peningkatan akreditasi Prodi Akuntansi Unisma menjadi Unggul ditetapkan berdasarkan Surat Keputusan LAMEMBA No. 372/DE/A.5/AR.10/IV/2023. Di mana akreditasi unggul merupakan peringkat akreditasi tertinggi bagi perguruan tinggi maupun program studi.

Akreditasi program studi Akuntansi yang dilakukan LAMEMBA menggunakan instrumen, yang salah satunya mensyaratkan program studi berdaya saing internasional untuk bisa memperoleh peringkat unggul.

Akreditasi merupakan kegiatan penilaian untuk menentukan kelayakan program studi berdasarkan standar nasional pendidikan tinggi. Dengan diraihnya akreditasi Unggul oleh program studi Akuntansi, berarti telah melampaui standar nasional pendidikan tinggi, serta mutu akademik maupun non-akademik telah terjamin dengan sangat baik.

Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNISMA Diana mengatakan, bahwa hasil tersebut merupakan kerja keras semua pihak. Selain itu, hal terpenting pencapaian ini berkat pimpinan  UNISMA yang terus memotivasi peningkatan prestasi.

Dengan diraihnya akreditasi unggul ini menurut Diana, Program Studi Akuntansi FEB UNISMA  telah melampaui standar nasional pendidikan tinggi, serta mutu akademik maupun non-akademik telah terjamin dengan baik.

“Disebutkan, akreditasi program studi akuntansi yang dilakukan LAMEMBA instrumennya mensyaratkan program studi berdaya saing internasional untuk bisa memperoleh peringkat unggul. Pencapaian ini menunjukkan bahwa pembelajaran pada Program Studi Akuntansi UNISMA  telah berdaya saing internasional, ” ungkap Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unisma Diana, Sabtu (6/5/2023).

Diana kembali menegaskan, bahwa parameter penilaian Akreditasi LAMEMBA  yang terafiliasi dengan lembaga akreditasi internasional internasional Association to Advance Collegiate Schools of Business (AACSB) melibatkan 9  kriteria yakni  Visi, Misi, Tujuan dan Strategi, Tata kelola dan kerjasama, kemahasiswaan, sumberdaya manusia, Keuangan, Sarana, dan Prasarana, Pendidikan, Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat serta Luaran dan Capaian Tri Dharma.

“Alhamdulilan  dari 9 kriteria yang dicanangkan LAMEMBA, mayoritas penilaian  yang diraih Prodi S1 Akuntansi  FEB UNISMA mendapatkan penilaian melampaui SN dikti dan berdaya saing internasional sehingga mendapat peringkat unggul,” ucapnya.

Capaian ini bukanlah capaian perorangan. Namun hasil kerja keras yang dikembangkan di FEB UNISMA yang selalu menerapkan prinsip continues improvement, kolaborasi dan sinergi dimana semua pihak punya tanggung jawab untuk turut serta membesarkan FEB UNISMA.

Raihan akreditasi ini merupakan buah dari langkah-langkah inovatif dan kreatif dalam upaya meningkatkan kinerja bidang tridharma Pendidikan tinggi. Kinerja selama 4 tahun yang lalu, setelah meraih akreditasi A pada tahun 2017.

“FEB melakukan Langkah-langakh strategis dalam meningkatkan  program kerjanya yang berkualitas dan berorientasi internasional pada semua prodi yang dibawahinya,“ tutur Diana.

“Alhamdulilah semua mendukung untuk pencapaian kinerja yang lebih baik dari pengelola, para dosen, mahasiswa , alumni  serta jalinan kerjasama dengan mitra industri dalam dan luar negeri, asosiasi profesi, pemerintah, dan sesama perguruan tinggi, baik di tingkat nasional maupun internasional,” sambungnya.***

RELATED ARTICLES

Berita Populer