Senin, Juni 5, 2023
BerandaHukum & HAMKakanwil Kemenkumham Kalbar Pantau Menu Makan di Rutan dan Lapas Selama Ramadhan

Kakanwil Kemenkumham Kalbar Pantau Menu Makan di Rutan dan Lapas Selama Ramadhan

PONTIANAK, insidepontianak.com – Kakanwil Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Barat, Pria Wibawa melaksanakan kunjungan ke Lapas dan Rutan di Pontianak, Rabu (22/03/2023).

Ia memantau langsung persiapan penyelenggaraan kegiatan ibadah bulan Ramadhan. Termasuk menu makan narapidana saat berbuka dan sahur.

Kunjungan itu menindaklanjuti Surat Edaran Direktur Jenderal Pemasyarakatan Kemenkumham RI dalam  penyelenggaraan kegiatan ibadah bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 1444 H/2023 M pada Lapas/Rutan/LPKA.

Pria mengapresiasi persiapan yang dilakukan Lapas dan Rutan menyambut Ramadhan. Ia memastikan, menu makanan yang disiapkan Rutan dan Lapas telah memperhatikan kesehatan dan kebutuhan gizi para WBP selama berpuasa.

“Menu makanan yang disediakan Lapas dan Rutan Pontianak sangat baik, karena telah memperhatikan kesehatan dan kebutuhan gizi para WBP selama berpuasa. Hal ini sangat penting untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh para WBP agar tetap fit selama menjalani ibadah puasa,” ujar Pria Wibawa.

Selain itu, Pria WIbawa juga memastikan bahwa protokol kesehatan yang ketat tetap diterapkan selama kunjungan keluarga pada bulan Ramadhan. Dia berharap, dengan adanya protokol kesehatan yang ketat, kunjungan keluarga dapat dilakukan dengan aman dan nyaman.

Untuk jam kunjungan, baik Lapas maupun Rutan Pontianak telah menentukan jam kunjungan. Jam kunjungan tersebut diberikan sebagai bentuk dukungan kepada para WBP agar tetap merasa terhubung dengan keluarganya selama menjalani hukumannya. Namun, jam penjagaan di Lapas dan Rutan Pontianak tetap beroperasi 24 jam seperti biasa.

“Para petugas penjaga akan berjaga selama 24 jam penuh untuk memastikan keamanan dan ketertiban di dalam Lapas dan Rutan Pontianak,” terangnya.

Kepala Rutan Pontianak Raja M Ismael Novadiansyah, menyambut baik kunjungan dari Kakanwil Kemenkumham Kalbar.

Dia menyebut persiapan untuk menyambut bulan Ramadhan telah dilakukan dengan matang dan berharap dapat memberikan kenyamanan dan ketentraman bagi para WBP selama beribadah puasa.

Sementara, Kalapas Pontianak Julianto Budhi Prasetyono menyebut pihaknya berupaya meningkatkan kualitas layanan yang diberikan kepada WBP. Salah satu hal yang dibahas adalah makanan WBP selama bulan Ramadhan.

Kalapas juga menegaskan bahwa pihak Lapas Pontianak selalu memperhatikan kualitas makanan yang disajikan dan memastikan bahwa WBP mendapatkan makanan yang layak dan sehat. (Andi)

Abdul Halikurrahman
Abdul Halikurrahmanhttps://insidepontianak.com/redaksi/
Koordinator Liputan Insidepontianak.com
RELATED ARTICLES

Berita Populer