Senin, Juni 5, 2023
BerandaGaya HidupMasih Muda Sudah Tumbuh Uban, Ayo Atasi Dengan Cara Alami Ini: Rambut...

Masih Muda Sudah Tumbuh Uban, Ayo Atasi Dengan Cara Alami Ini: Rambut Putih Bisa Lenyap

MEDAN, insidepontianak.com – Adalah wajar ketika tumbuh uban seiring bertambahnya usia. Namun, bukan tidak mungkin rambut putih itu juga muncul ketika usia masih muda.

Tumbuhnya uban atau rambut putih di masa muda ditengarai karena gaya hidup atau masalah medis. Itulah sebab, mengubah gaya hidup dan melakukan perawatan akan membuatnya lenyap.

Namun, patut dicatat, ini tidak termasuk kalau rambut putih tadi muncul karena faktor genetis. Ini berlaku untuk uban di usia muda karena faktor gaya hidup atau medis saja.

Mengutip halodoc.com, Jumat (26/5/2023), manusia memiliki jutaan folikel rambut atau kantung kecil yang melapisi kulit.

Folikel inilah menghasilkan rambut dan sel warna atau pigmen yang mengandung melanin.

Seiring waktu, folikel rambut kehilangan sel pigmen sehingga menghasilkan rambut putih yang dinamakan uban. Perubahan ini juga bisa disebabkan oleh kekurangan vitamin.

Artinya, ketika tubuh kekurangan vitamin tertentu, maka bisa menyebabkan uban muncul lebih cepat. Dua hal di bawah ini bisa dilakukan untuk mencegah pertumbuhan uban di usia muda.

Pertama, konsumsilah makanan kaya antioksidan. Pasalnya, pola makan seseorang berperan dalam mencegah kemunculan uban. Mengonsumsi makanan kaya antioksidan dapat mengurangi stres oksidatif.

Makanan kaya antioksidan itu meliputi buah dan sayuran segar, teh hijau, minyak zaitun, dan ikan. Satu lagi, penuhi kebutuhan vitamin, pasalnya siapapun yang memiliki uban akibat kekurangan vitamin tertentu harus memenuhi kebutuhan vitamin tersebut.

Misalnya makanan laut, telur, dan daging adalah sumber vitamin B-12 yang baik. Lalu susu, ikan salmon, dan keju adalah sumber vitamin D yang sangat baik. Bisa juga mengonsumsi suplemen untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral penting yang bermanfaat bagi rambut.

Kedua, berhenti merokok, Ini penting karena merokok dipercayai memiliki dampak buruk pada tubuh dan berkontribusi pada kemunculan uban.

Peneliti juga menemukan bahwa terdapat hubungan antara kebiasaan merokok dan hilangnya pigmentasi rambut.

Nah, untuk mendukung pencegahan atau mengatasi uban yang terlanjur muncul di usia muda, ada beberapa cara alami yang bisa dilakukan. Berikut daftarnya:

1. Minyak kelapa

Pijatkan minyak kelapa ke kulit kepala setiap hari, sebelum tidur. Keesokan paginya, cuci rambut seperti biasa.

2. Jahe

Makanlah satu sendok teh jahe parut segar yang dicampur dengan 1 sendok makan madu. Lakukan setiap hari.

3. Biji wijen hitam

Setiap dua sampai tiga kali seminggu, konsumsi satu sendok makan biji wijen hitam untuk mencegah dan mengatasi rambut beruban.

4. Bawang bombay

Haluskan bawang bombay dalam blender lalu gunakan saringan hingga tersisa airnya. Pijatkan air jus bawang bombay ke kulit kepala, biarkan selama 30 menit, kemudian keramas seperti biasa. Lakukan cara ini ini dua kali seminggu.

5. Jus wortel

Minum jus wortel setiap hari. Juga konsumsi makanan yang kaya enzim katalase. Contohnya bawang putih, kubis, ubi, brokoli, dan kacang almond.

6. Minyak almond

Campurkan minyak almond dan jus lemon. Pijat campuran tersebut ke rambut dan kulit kepala. Lakukan rutinitas tersebut dua kali sehari selama tiga bulan.

Itulah daftar mengatasi atau mencegah uban di masa muda. Cara ini akan semakin baik dengan diagnosis dan perawatan yang tepat dari dokter dan perkembangan uban dapat diminimalkan. Semoga bermanfaat. (Adelina). ***

RELATED ARTICLES

Berita Populer