Sabtu, September 30, 2023
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
BerandaNasionalPara Kedutaan Takjub Saat Kunjungi Anjungan TMII, Wagub: Promosi Agar Mereka Berwisata...

Para Kedutaan Takjub Saat Kunjungi Anjungan TMII, Wagub: Promosi Agar Mereka Berwisata ke Kalbar

JAKARTA, insidepontianak.com – Menyambut kunjungan kerja kedutaan negara-negara sahabat Indonesia dilakukan Wakil Gubernur Kalimantan Barat Ria Norsan.

Kunjungan dilakukan di Anjungan Provinsi Kalimantan Barat Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta pada hari Kamis (1/6/2023).

Kunjungan kedutaan terdiri dari Kedutaan Republik Armenia, Kedutaan Mesir, Kedutaan Maroko, Kedutaan Nigeria, Kedutaan Sri Lanka, Kedutaan Sudan, Kedutaan Republik Banglades, Kedutaan Lebanon, Kedutaan Uni Emirat Arab dan Kedutaan Yaman.

Mereka disambut dengan tarian Dayak dan pengalungan selendang kain ikat khas Kalimantan Barat yang mengawali kunjungan para negara-negara sahabat Indonesia tersebut.

Para kedutaan tersebut takjub dengan budaya yang ditampilkan oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat melalui Badan Penghubung Kalimantan Barat di Jakarta sebagai tuan rumah.

Kedutaan Maroko di Indonesia Mr. Ouadia Benabdellah mengutarakan dirinya sangat terpukau dengan tarian Dayak yang ditampilkan oleh Anjungan Provinsi Kalbar di Taman Mini Indonesia Indah yang mana bagi dirinya baru pertama kali melihat kebudayaan yang dimiliki daerah dilalui Garis Khatulistiwa itu.

“Tarian ini sangat bagus dan saya baru pertama kali melihat tarian seperti ini,” ungkap Mr. Ouadia Benabdellah melalui penerjemah.

Tak hanya kebudayaan saja ditampilkan dalam kunjungan tersebut, berbagai kuliner khas Provinsi Kalimantan Barat juga ditampilkan seperti Bubur Padas, Pengkang, Pisang Srikaya Pontianak, Kopi Pontianak, Air Serbat dan Kue Bingka Berendam Pontianak.

Wakil Gubernur Kalimantan Barat Ria Norsa mengungkapkan kedatangan para kedutaan negara-negara sahabat Indonesia di Anjungan Provinsi Kalimantan Barat Taman Mini Indonesia Indah dalam rangka kegiatan Indonesia Maju Expo and Forum Tahun 2023, di Taman Mini Indonesia Indah yang dimulai dari tanggal 1-4 Juni 2023 mendatang.

“Kita memperkenalkan dan mempromosikan kepada para kedutaan negara-negara sahabat Indonesia tentang kebudayaan dan kuliner yang khas di Kalbar, agar mereka berwisata ke daerah kita (Provinsi Kalbar),” ujar Wagub Kalbar.

Dirinya juga menambahkan dengan meningkatnya jumlah wisatawan baik dari dalam negeri maupun luar negeri datang ke Kalimantan Barat dapat meningkatkan perekonomian masyarakat serta membuka lapangan pekerjaan dan Investasi di Kalimantan Barat.

“Saya berharap para kedutaan bisa datang ke Kalbar, karena kita memiliki tempat wisata, budaya dan makanan yang ada di kalbar sangat bagus dan enak, ini bisa menjadi daya tarik wisatawan datang ke Kalbar,” ujarnya.

Sementara Itu Kepala Badan Penghubung Provinsi Kalimantan Barat sekaligus pengelola Anjungan Kalimantan Barat di Taman Mini Indonesia Indah, Abdul Gani menyebutkan setelah paska pandemi Covid-19 yang melanda di Indonesia jumlah kunjungan yang berkunjungan di Anjungan Kalimantan di Taman Mini Indonesia Indah menggalami peningkatan.

“Untuk jumlah kunjungan masyarakat ke Anjungan Kalimantan Barat beberapa tahun ini paska pandemic menggalami peningkatan bekisar antara 1500 hingga 2000 orang. Dan kita juga meningkatkan pelayanan kepada masyarakat guna memperkenalkan dan mempromosikan kebudayaan Kalbar untuk berkunjung ke Provinsi Kalbar,” ungkap Kaban.

Penghubung Provinsi Kalimantan Barat.
Lanjutnya, dengan adanya kegiatan Indonesia Maju Expo and Forum Tahun 2023 yang diselenggarakan Direktorat Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri tersebut dapat mewujudkan kemandirian ekonomi dan bangsa yang berkepribadian dalam kebudayaan dimata dunia Internasional.

“Kita dengan berbagai pelayanan yang sudah ada dan digital, masyarakat bisa juga melihat Anjungan Provinsi Kalimantan Barat melalui aplikasi yaitu messkalbar.my.id dengan sentuhan jari masyarakat bisa mengetahui berbagai kemudahan pelayanan,” ujarnya.

Dalam kegiatan tersebut turut dihadiri Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri Bahtiar, Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi dan Keuangan Kemendagri Ferry Irawan dan Direktur Utama PT. Bhumi Visatanda Indonesia sebagai pengelola Taman Mini Indonesia Indah Jakarta. ***

RELATED ARTICLES
- Advertisment -spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Berita Populer