Selasa, Oktober 3, 2023
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
BerandaGaya HidupKesehatanSelain Pereda Diare, Kemangi Ampuh Hindarkan Wajah dari Jerawat: Berikut Tiga Manfaat...

Selain Pereda Diare, Kemangi Ampuh Hindarkan Wajah dari Jerawat: Berikut Tiga Manfaat Kemangi untuk Badan

PROBOLINGGO, Insidepontianak.com – Daun kemangi merupakan sayuran yang acap kali di konsumsi oleh masyarakat Nusantara. Dari saking familiarnya, sayuran ini sering dijumpai di setiap kuliner Indonesia.

Tahukah kamu selain sebagai menu pelengkap, terdapat tiga manfaat utama bagi kesehatan setiap kali menyantapnya?

Terlepas dari tiga manfaat kesehatan bagi tubuh, daun kemangi juga memiliki aroma khas yang cukup segar. Biasanya, mastarakat Indonesia menggunakannya sebagai pengharum tangan usai menyantap hidangan.

Begitupula pada tiga manfaat kesehatan yang dikandung pada kemangi. Dari masalah luka, jerawat, hingga pencernaah dibuatnya normal kembali.

Bila sedikit keluar topik tiga manfaat kemangi, sayuran ini dikenal dengan nama latin Ocimum Basilicum. Biasanya tumbuhan mudah didapatkan di benua Afrika dan Asia.

Mengingat tema yang akan dibahas berupa tiga manfaat yang terkandung pada kemangi, alangkah lebih baiknya mengetahui kandungan gizi pada setiap 100 gram kemangi.

A. Kalori.
B. Protein 3 gram.
C. Kalium 295 mg.
D. Kalsium 177 mg.
E. Magnesium 64 mg.
F. Vitamin C 18 mg.
G. Zat besi 3 mg.

Selain nutrisi di atas, terdapat pula gizi lain yang dikandung oleh kemangi seperti; antioksidan, lutein dan zeaxanthin, serar, fosfor, folat zinc, serta vitamin A dan Vitamin B.

Mengetahui kayanya nutrisi yang terdapat pada kemangi. Berikut penjelasan tentang tiga manfaat sayuran ini pada kesehatan, dikutip dari Alodokter.com, Jum’at (5/5) :

1. Terhindar dari Jerawat

Bukan hanya masalah kebugaran badan yang bakal diboost oleh kemangi. Dalam masalah kecantikan kulit, sayuran satu ini juga mampu menghindatkan seseorang dari jerawat.

Jangan salah sangka, hasil wajah yang mulus dan bebas dari jerawat lebih efektif apabila dilakukan melalui pengolesan minyak kemangi ke muka secara rutin.

Sebab, minyak kemangi mendapatkan kandungkan berupa antibakteri yang dapat menjaga kesehatan wajah dari munculnya jerawat.

Selain itu, kosmetik ataupun ekstrak oil kemangi dapar menghilangkan bekas jerawat berkat nutrisi antivirus.

2. Penyembuhan Infeksi dan Luka

Seperti diketahui sebelumnya, kemangi mengandung zat berupa antivirus dan antibakteri yang sangat berperan dalam proses penyembuhan luka.

Terdapat dua cara menggunakannya, pertama dengan mengoleskan obat khusus yang mengandung kemangi tepat pada luka yang menganga.

Kedua, sebagai pendorong utama dari pengotaban luar alangkah lebih baiknya kemangi juga dikonsumsi yang ducampur dengan masakan.

Sayuran ini juga dikenal memiliki kandungan antijamur. Dengan demikian, kemangi juga dapat menyembuhkan infeksi dari luka yang cukup parah.

Bahkan, di dalam kepercayaan setempat kemangi dapat membuat luka pasca operasi kering lebih cepat dibanding masa normalnya.

3. Lancarkan Pencernaan

Selanjutnya, kemangi juga sangat membantu pada masalah gangguan pencernaan. Bila dikonsumsi secara rutin dan sesuai porsi, masalah pada organ pengolah makanan dapat dibuatnya berjalan normal.

Bahkan, kemangi juga dapat mengurangi kadar asam lambung yang berlebih. Jadi, sayuran pelengkap ini sangat tepat dikonsumsi bagi penderita mag.

Bila diberikan pada penderita diare ataupun disentri, kandungan gizi yang terdapat pada kemangi akan menyembuhkannya cukup cepat.

Berdasarkan uraian tiga manfaat di atas, bisa disimpulkan bahwa kemangi tidak hanya sangat berguna baik pada masalah kecantikan ataupun luka dan pencernaan.

Di dalam sejarah, orang yang berasal dari Asia mengonsumsinya dengan berbagai cara. Misal pada Negeri Cina, kemangi dijadikan teh untuk suplemen imun tubuh.

Sedangkan bagi masyarakat Indonesia, kemangi lebih disenangi bila dihadirkan pada menu lalapan. Terlepas dari cara konsumsinya, sayuran satu ini sangat bermanfaat bagi kebugaran ataupun kecantikan. * (Dzikrullah)

RELATED ARTICLES

Berita Populer